• about me
  • menu
  • categories
  • Agi Tiara Pranoto

    Agi Tiara Pranoto

    Seorang Blogger Indonesia yang berdomisili di Yogyakarta. Selain menulis, dia juga sangat hobi main PUBG Mobile. Cita-citanya adalah mendapatkan passive income sehingga tidak perlu bekerja di kantor, apa daya selama cita-cita itu belum tercapai, dia harus menikmati hari-harinya sebagai manajer sebuah penginapan syariah dan content manager sebuah clothing line

    Tips dan Trick: Road Trip Hemat dan Riang Gembira!



    Jadi buat pembaca duckofyork yang sudah lama nangkring disini (emang ada???) pasti tahu kalo saya punya ritual tahunan bersama Pak Suami yaitu mengupgrade pesugihan road trip naik mobil saya si city car yang sudah semakin tua tapi masih sanggup diajak naik turun tanjakan di pulau jawa.
    (doain aja tahun depan kebeli mobil baru yang lebih tangguh buat road trip gengs!)

    disclaimer: this post might contain sponsored content.

    Sebenernya road trip ini sudah bukan ritual baru buat saya. Sebelum menikah saya tiap tahun pasti merencanakan liburan bersama keluarga saya. Nah berhubung Daddy A sudah semakin tua sibuk mikirin akhirat, jadi liburan yang tadinya bisa 2-3 kali setahun jadi cuma sekali setahun  terus berkurang dan berkurang sampai akhirnya sekarang saya liburannya sama Pak Suami.

    Nah, road tripnya saya ini sebenernya nggak harus jauh sih. Bisa cuma jogja - semarang atau bahkan jogja - kebumen. Nggak jauh, tapi yang penting kualitasnya. Waktu jaman belom nikah sih sanggup -sanggup aja road trip jakarta - surabaya atau jogja - bali bareng teman-teman. Kalo sudah nikah dan berkeluarga kan ada yang namanya jatah cuti ya gengs, jadi road trip saya jaraknya sedikit berkurang.

    Sebenernya sekarang buat road trip udah enak banget kan ya, secara jalan tol se pulau jawa udah jadi, trans sumatera juga jalannya udah bagus, nggak kaya jaman dulu untuk sekadar buang air aja harus nyari rumah penduduk karena sulitnya cari rest area.

    Kalau selama menikah sih road trip saya yang paling jauh baru jogja - surabaya dan jogja - malang. Namun karena udah ada tol, jadi jogja-surabaya cuma ditempuh dengan 6 jam perjalanan santai aja. Kalo buat staycation tetep mainannya di jogja-jogja aja secara di jogja hotel udah bagus-bagus banget hahaha.

    Banyak yang bilang ke saya kalo roadtrip itu jatohnya lebih boros dan lebih capek karena harus nyetir sendiri lah apalah. Hmmm, kalo begitu mari saya bagi tips road trip ala ala saya dan pak suami yang bisa kalian praktekkan untuk membuat road trip menjadi semakin hemat dan fun!



    1. Perencanaan Harus Maksimal

    Saya anaknya tipikal planner banget, jadi sebelum pergi-pergi (atau ngapain lah, masak gitu atau kerja) semua harus terencana dengan baik.

    Jadi nggak ada tuh ya, malem mutusin roadtrip terus paginya berangkat. No, no, no. Minimal seminggu sebelumnya lah ya, saya dan pak suami udah rembugan mau kemana, bawa apa aja, ngajak siapa aja. Biasanya sih temen-temen saya yang kena getahnya lol.

    Sebenernya sih bisa-bisa aja kalo mau begitu, sayang saya duitnya nggak ada lol. 

    jadi listnya selama seminggu itu saya pasti pamit-pamit sama orang tua dan tetangga (jadi kalo ga ada kabar 2x24 jam mereka bisa lapor polisi #overthinkingagain ), cuci-cuci baju terus packing-packing, belanja buat makan di jalan biar nggak tergoda ngabisin duit di indomaret, dan yang paling penting SERVICE MOBIL

    sumpah, i cannot stress this enough yaa pembacaku yang budiman dan budiwoman. Sebelum pergi jauh kayak keluar kota, selalu cek oli, tekanan ban, coolant kondisi mesin dan aki. Isi air wiper juga kalo perlu. 

    Detailnya bisa dibaca disini ya: soal service mobil yang car-owner harus ketahui

    Terus jangan lupa juga buat selalu tentukan rute sebelum berangkat. Jangan sampe hanya mengandalkan GPS terus dijalan ilang sinyal dan nyasar #PakSuamiBanget jadi plis plis, rencanain juga kalian bakal lewat mana, terus kira-kira berhentinya dimana aja. This will save you a lot of your time di jalan dan kalian juga bisa planning bakal sightseeing apa aja dijalan.

    Saya pernah lho menghindari tol demi bisa foto di pinggir jalan di nganjuk. Pak Suami aja sampe bingung kenapa istrinya bisa begini banget. Mohon maaf, cita-cita saya sih jadi fotografer buat natgeo apadaya keluarga dan skill menentang hahaha.

    2. Budgeting Dulu Biar Hemat!

    Karena judul artikel ini ada embel-embel "hemat" nya, jadi suka tidak suka saya harus berbagi tips budgeting dengan kalian semua.

    *kemudian menghela nafas*

    Jadi sebenernya kalo cuma mau roadtrip yang fun aja, saya yakin semua roadtrip pasti bakal jadi fun at some point . Yang jadi masalah adalah bagaimana caranya si roadtrip tetep seru meskipun kita adalah sobat misqueen budget.

    Sebenernya budgeting itu nggak sulit selama kita paham nih si mobil yang kita pake untuk road trip itu irit apa nggak, habis bensinnya berapa, yang ikut berapa orang, mau makan masakan sendiri atau mau beli aja (saya biasanya beli lol)

    Jadi untuk road trip udah pasti dong yang pertama diitung adalah soal Mobilnya. Bensin habis berapa? ada cash buat ngasi pengamen, tambal ban, parkir dll nggak? Lewat toll nggak? Perlu top-up emoney nggak? Secara toll sekarang ngga bisa bayar cash kan ya.

    Kalau udah baru hitung pengeluaran pribadi deh!

    Biasanya abis paling banyak buat apa sih? penginapan sama makan kan ya? Kalau saya jujur paling abis di makan sama tiket masuk tempat wisata hahaha. Makanya jujur yang paling saya tekan kalo pergi keluar kota adalah berhenti-berhenti untuk jajan. Misalnya, liat indomaret berenti, liat tahu sumedang berhenti, liat rest area berhenti. Ini bikin BOROS BANGET. Tapi kalo penginapan saya masih mengandalkan promo-promonya traveloka hotel lol. 

    Makanya soal penginapan cari dari jauh-jauh hari biar makin murah. Ntar kalo saya penghasilannya udah 100 juta sehari mah ya mau cari penginapan langsung hari itu juga bisa (amin) tapi engga deng, berhubung saya juga kan bisnisnya penginepan jadi udah tau lah bahwa tamu yang reserve dari jauh-jauh hari pasti dapet pelayanan yang jauh lebih personal karena sudah diprepare dari jauh-jauh hari juga lol.

    Kalaupun mentok harus search dengan waktu yang mepet sebenernya bisa kok kamu sortir hasil search hotel kamu di appsnya traveloka mulai dari harga yang paling murah ke yang paling mahal. Lagian ada juga promo-promo dari bank tertentu atau hotel tertentu yang bisa kita manfaatkan. Tinggal pinter-pinternya kita cari diskonan aja hehehe :))

    Sebenernya saya udah diajarin sama temen-temen cara search hotel murah pake platform lain tapi balik-baliknya lagi selalu ke traveloka hotel ini astaga, soalnya gampil banget bayarnya bisa transfer-transfer, bisa paylater atau pake cc kalo klien belom pada transfer lol, pokoknya gampang dan nggak bikin mikir.

    Ya salah satu alasan saya percaya dengan paylater sih karena dia mitranya adalah Danamas yang udah terdaftar di OJK, jadi bukan pinjaman online abal-abal yang kalo telat bayar terus satu negara ditelfonin semua. Sejauh ini semua data pribadi saya yang kesimpen di traveloka aman banget, dan semoga terus begitu yaaaa... makanya ya saya setia aja gitu pake traveloka.

    3. Plan A, Plan B, Plan C

    Buat saya menyediakan backup plan itu penting BANGET. 

    Misalnya: plan A, makan di restoran X terus plan B kalo restoran X tutup kita makan di restoran Y yang harganya ga jauh beda dan kalo restoran Y parkirannya penuh misalnya, pindah makan popmie yang dibawa dari rumah.

    Di jalanan itu kita ngga bisa memprediksi apa yang bakal kejadian. Misalnya aja nih ya, tiba-tiba Pak Suami ngantuk di tol cipali, ya jangan dipaksa. Optionnya dua, berhenti nyetir atau gantian. Inget keselamatan tetep nomer satu.

    Saya pernah nih pas lagi lebaran, nyetir ke jakarta kejebak macet yang ngga habis-habis karena jalan tol penuh dan akhirnya ditutup pas jaman-jaman #brexit walhasil akhirnya plan b kami adalah lewat jalur pantura nggak lewat tol dan plan c nya adalah nginep di cirebon kalo emang udah malem banget. Alhamdulillah plan B tetep terlaksana meskipun jogja - jakarta ditempuh dalam waktu hampir 18 jam. Misal harus plan C juga ga masalah cari hotel, karena traveloka hotel kan ada fitur "search hotel near me" yang bisa nyari hotel dideket kita gitu.

    keberadaan backup plan ini mengurangi berantem-berantem nggak penting selama di jalan (yang mana sering banget terjadi ya bok, namanya juga orang capek)

    Jadi tetep harus ada plan A, plan B, plan C. 

    Dan jangan lupa: sedia asuransi setiap saat.

    4. Cari Akomodasi Yang Nyaman


    Saya paham sih temen-temen yang roadtrip dan suka terinspirasi van life ala-ala itu doyan banget tidur dimobil, tapi berhubung mobil saya kecil buanget jadi nggak nyaman banget tidur di mobil gitu. 

    Dan trust me, road trip itu kan capek ya nyetir dan duduk di mobil berjam-jam apalagi kalo mobilnya bukan mobil mewah seperti mobil saya. Rakyat jelata kadang suka pegel pantatnya kalo udah kelamaan duduk. Pengennya mah turun-turun bisa ketemu kasur empuk sama air hangat.

    Kalo saya sendiri mengutamakan kenyamanan dibanding hype; kalo misalnya tempatnya lucu ya bakal jadi nilai plus hehehe. 

    Misalnya aja waktu mau ke Surabaya nih, saya sengaja banget search dengan keywords hotel unik di surabaya. Dan akhirnya ya dapet aja tuh di tiga tempat: The Life Hotels, Great Diponegoro by Azana dan Whiz Prime Darmo. Semua booknya via traveloka dan semuanya best price di range harga 300 ribuan hahaha.

    Khusus Whiz prime darmo itu pak suami special request hotel yang ada bath tubnya tapi murah meriah. Dapet deh di whiz prime, meskipun untuk sampe ke kamarnya harus naik tangga segala macem. Kenapa bath tub? Ya soalnya habis nyetir (dan mau nyetir balik ke jogja nih) rasa-rasanya lebih enak aja kalo bisa berendam air hangat dulu.

    Bonusnya? tiga-tiganya instagramable. Alhamdulillah emang rejeki anak soleh ada aja.

    5. Siap Untuk Kondisi Darurat

    Ada lho orang indonesia yang gak tahu nomor darurat di Indonesia bukan 911 tapi 110 (polisi) dan 112 (emergency). how can you guys survive life until today is beyond me.

    Tapi serius deh. kalo saya sedia nomor telfon darurat yang bisa saya hubungi setiap saat; sedianya bukan di HP ya, karena hp bisa aja mati atau ilang sinyal tapi di semacam notes gitu. Jadi kalo ada apa-apa dan misalnya saya harus pinjam telepon warga gitu, saya ngga bingung nyari nomer telfonnya.

    Terus kenali juga lokasi kamu berada, misal kamu datang dari arah mana menuju kemana. Sumpah iya saya tahu ini udah jaman GPS tapi bener deh ini membantu banget kalo ngga ada sinyal dan harus GPS (gunakan penduduk sekitar) secara manual. Minimal pas di jalan merhatiin pom bensin terakhir dimana, rumah sakit dimana, udah ngelewatin apa aja.

    Oh ya, jangan lupa untuk selalu sedia P3K dan obat-obatan pribadi di mobil. Kalo saya, karena anaknya gampang mabok darat jadi saya selalu sedia cemilan + permen pedas juga, soalnya kalo muntah kebayang gak sih susahnya beresin muntahan di mobil.



    Jadi demikianlah kira-kira tips road trip hemat dan riang gembira ala duckofyork. Mungkin kalian mau sharing pengalaman road trip kalian juga? Bisa dishare silahkan di kolom komentar. See you!



    Jadi buat pembaca duckofyork yang sudah lama nangkring disini (emang ada???) pasti tahu kalo saya punya ritual tahunan bersama Pak Suami yaitu mengupgrade pesugihan road trip naik mobil saya si city car yang sudah semakin tua tapi masih sanggup diajak naik turun tanjakan di pulau jawa.
    (doain aja tahun depan kebeli mobil baru yang lebih tangguh buat road trip gengs!)

    disclaimer: this post might contain sponsored content.

    Sebenernya road trip ini sudah bukan ritual baru buat saya. Sebelum menikah saya tiap tahun pasti merencanakan liburan bersama keluarga saya. Nah berhubung Daddy A sudah semakin tua sibuk mikirin akhirat, jadi liburan yang tadinya bisa 2-3 kali setahun jadi cuma sekali setahun  terus berkurang dan berkurang sampai akhirnya sekarang saya liburannya sama Pak Suami.

    Nah, road tripnya saya ini sebenernya nggak harus jauh sih. Bisa cuma jogja - semarang atau bahkan jogja - kebumen. Nggak jauh, tapi yang penting kualitasnya. Waktu jaman belom nikah sih sanggup -sanggup aja road trip jakarta - surabaya atau jogja - bali bareng teman-teman. Kalo sudah nikah dan berkeluarga kan ada yang namanya jatah cuti ya gengs, jadi road trip saya jaraknya sedikit berkurang.

    Sebenernya sekarang buat road trip udah enak banget kan ya, secara jalan tol se pulau jawa udah jadi, trans sumatera juga jalannya udah bagus, nggak kaya jaman dulu untuk sekadar buang air aja harus nyari rumah penduduk karena sulitnya cari rest area.

    Kalau selama menikah sih road trip saya yang paling jauh baru jogja - surabaya dan jogja - malang. Namun karena udah ada tol, jadi jogja-surabaya cuma ditempuh dengan 6 jam perjalanan santai aja. Kalo buat staycation tetep mainannya di jogja-jogja aja secara di jogja hotel udah bagus-bagus banget hahaha.

    Banyak yang bilang ke saya kalo roadtrip itu jatohnya lebih boros dan lebih capek karena harus nyetir sendiri lah apalah. Hmmm, kalo begitu mari saya bagi tips road trip ala ala saya dan pak suami yang bisa kalian praktekkan untuk membuat road trip menjadi semakin hemat dan fun!



    1. Perencanaan Harus Maksimal

    Saya anaknya tipikal planner banget, jadi sebelum pergi-pergi (atau ngapain lah, masak gitu atau kerja) semua harus terencana dengan baik.

    Jadi nggak ada tuh ya, malem mutusin roadtrip terus paginya berangkat. No, no, no. Minimal seminggu sebelumnya lah ya, saya dan pak suami udah rembugan mau kemana, bawa apa aja, ngajak siapa aja. Biasanya sih temen-temen saya yang kena getahnya lol.

    Sebenernya sih bisa-bisa aja kalo mau begitu, sayang saya duitnya nggak ada lol. 

    jadi listnya selama seminggu itu saya pasti pamit-pamit sama orang tua dan tetangga (jadi kalo ga ada kabar 2x24 jam mereka bisa lapor polisi #overthinkingagain ), cuci-cuci baju terus packing-packing, belanja buat makan di jalan biar nggak tergoda ngabisin duit di indomaret, dan yang paling penting SERVICE MOBIL

    sumpah, i cannot stress this enough yaa pembacaku yang budiman dan budiwoman. Sebelum pergi jauh kayak keluar kota, selalu cek oli, tekanan ban, coolant kondisi mesin dan aki. Isi air wiper juga kalo perlu. 

    Detailnya bisa dibaca disini ya: soal service mobil yang car-owner harus ketahui

    Terus jangan lupa juga buat selalu tentukan rute sebelum berangkat. Jangan sampe hanya mengandalkan GPS terus dijalan ilang sinyal dan nyasar #PakSuamiBanget jadi plis plis, rencanain juga kalian bakal lewat mana, terus kira-kira berhentinya dimana aja. This will save you a lot of your time di jalan dan kalian juga bisa planning bakal sightseeing apa aja dijalan.

    Saya pernah lho menghindari tol demi bisa foto di pinggir jalan di nganjuk. Pak Suami aja sampe bingung kenapa istrinya bisa begini banget. Mohon maaf, cita-cita saya sih jadi fotografer buat natgeo apadaya keluarga dan skill menentang hahaha.

    2. Budgeting Dulu Biar Hemat!

    Karena judul artikel ini ada embel-embel "hemat" nya, jadi suka tidak suka saya harus berbagi tips budgeting dengan kalian semua.

    *kemudian menghela nafas*

    Jadi sebenernya kalo cuma mau roadtrip yang fun aja, saya yakin semua roadtrip pasti bakal jadi fun at some point . Yang jadi masalah adalah bagaimana caranya si roadtrip tetep seru meskipun kita adalah sobat misqueen budget.

    Sebenernya budgeting itu nggak sulit selama kita paham nih si mobil yang kita pake untuk road trip itu irit apa nggak, habis bensinnya berapa, yang ikut berapa orang, mau makan masakan sendiri atau mau beli aja (saya biasanya beli lol)

    Jadi untuk road trip udah pasti dong yang pertama diitung adalah soal Mobilnya. Bensin habis berapa? ada cash buat ngasi pengamen, tambal ban, parkir dll nggak? Lewat toll nggak? Perlu top-up emoney nggak? Secara toll sekarang ngga bisa bayar cash kan ya.

    Kalau udah baru hitung pengeluaran pribadi deh!

    Biasanya abis paling banyak buat apa sih? penginapan sama makan kan ya? Kalau saya jujur paling abis di makan sama tiket masuk tempat wisata hahaha. Makanya jujur yang paling saya tekan kalo pergi keluar kota adalah berhenti-berhenti untuk jajan. Misalnya, liat indomaret berenti, liat tahu sumedang berhenti, liat rest area berhenti. Ini bikin BOROS BANGET. Tapi kalo penginapan saya masih mengandalkan promo-promonya traveloka hotel lol. 

    Makanya soal penginapan cari dari jauh-jauh hari biar makin murah. Ntar kalo saya penghasilannya udah 100 juta sehari mah ya mau cari penginapan langsung hari itu juga bisa (amin) tapi engga deng, berhubung saya juga kan bisnisnya penginepan jadi udah tau lah bahwa tamu yang reserve dari jauh-jauh hari pasti dapet pelayanan yang jauh lebih personal karena sudah diprepare dari jauh-jauh hari juga lol.

    Kalaupun mentok harus search dengan waktu yang mepet sebenernya bisa kok kamu sortir hasil search hotel kamu di appsnya traveloka mulai dari harga yang paling murah ke yang paling mahal. Lagian ada juga promo-promo dari bank tertentu atau hotel tertentu yang bisa kita manfaatkan. Tinggal pinter-pinternya kita cari diskonan aja hehehe :))

    Sebenernya saya udah diajarin sama temen-temen cara search hotel murah pake platform lain tapi balik-baliknya lagi selalu ke traveloka hotel ini astaga, soalnya gampil banget bayarnya bisa transfer-transfer, bisa paylater atau pake cc kalo klien belom pada transfer lol, pokoknya gampang dan nggak bikin mikir.

    Ya salah satu alasan saya percaya dengan paylater sih karena dia mitranya adalah Danamas yang udah terdaftar di OJK, jadi bukan pinjaman online abal-abal yang kalo telat bayar terus satu negara ditelfonin semua. Sejauh ini semua data pribadi saya yang kesimpen di traveloka aman banget, dan semoga terus begitu yaaaa... makanya ya saya setia aja gitu pake traveloka.

    3. Plan A, Plan B, Plan C

    Buat saya menyediakan backup plan itu penting BANGET. 

    Misalnya: plan A, makan di restoran X terus plan B kalo restoran X tutup kita makan di restoran Y yang harganya ga jauh beda dan kalo restoran Y parkirannya penuh misalnya, pindah makan popmie yang dibawa dari rumah.

    Di jalanan itu kita ngga bisa memprediksi apa yang bakal kejadian. Misalnya aja nih ya, tiba-tiba Pak Suami ngantuk di tol cipali, ya jangan dipaksa. Optionnya dua, berhenti nyetir atau gantian. Inget keselamatan tetep nomer satu.

    Saya pernah nih pas lagi lebaran, nyetir ke jakarta kejebak macet yang ngga habis-habis karena jalan tol penuh dan akhirnya ditutup pas jaman-jaman #brexit walhasil akhirnya plan b kami adalah lewat jalur pantura nggak lewat tol dan plan c nya adalah nginep di cirebon kalo emang udah malem banget. Alhamdulillah plan B tetep terlaksana meskipun jogja - jakarta ditempuh dalam waktu hampir 18 jam. Misal harus plan C juga ga masalah cari hotel, karena traveloka hotel kan ada fitur "search hotel near me" yang bisa nyari hotel dideket kita gitu.

    keberadaan backup plan ini mengurangi berantem-berantem nggak penting selama di jalan (yang mana sering banget terjadi ya bok, namanya juga orang capek)

    Jadi tetep harus ada plan A, plan B, plan C. 

    Dan jangan lupa: sedia asuransi setiap saat.

    4. Cari Akomodasi Yang Nyaman


    Saya paham sih temen-temen yang roadtrip dan suka terinspirasi van life ala-ala itu doyan banget tidur dimobil, tapi berhubung mobil saya kecil buanget jadi nggak nyaman banget tidur di mobil gitu. 

    Dan trust me, road trip itu kan capek ya nyetir dan duduk di mobil berjam-jam apalagi kalo mobilnya bukan mobil mewah seperti mobil saya. Rakyat jelata kadang suka pegel pantatnya kalo udah kelamaan duduk. Pengennya mah turun-turun bisa ketemu kasur empuk sama air hangat.

    Kalo saya sendiri mengutamakan kenyamanan dibanding hype; kalo misalnya tempatnya lucu ya bakal jadi nilai plus hehehe. 

    Misalnya aja waktu mau ke Surabaya nih, saya sengaja banget search dengan keywords hotel unik di surabaya. Dan akhirnya ya dapet aja tuh di tiga tempat: The Life Hotels, Great Diponegoro by Azana dan Whiz Prime Darmo. Semua booknya via traveloka dan semuanya best price di range harga 300 ribuan hahaha.

    Khusus Whiz prime darmo itu pak suami special request hotel yang ada bath tubnya tapi murah meriah. Dapet deh di whiz prime, meskipun untuk sampe ke kamarnya harus naik tangga segala macem. Kenapa bath tub? Ya soalnya habis nyetir (dan mau nyetir balik ke jogja nih) rasa-rasanya lebih enak aja kalo bisa berendam air hangat dulu.

    Bonusnya? tiga-tiganya instagramable. Alhamdulillah emang rejeki anak soleh ada aja.

    5. Siap Untuk Kondisi Darurat

    Ada lho orang indonesia yang gak tahu nomor darurat di Indonesia bukan 911 tapi 110 (polisi) dan 112 (emergency). how can you guys survive life until today is beyond me.

    Tapi serius deh. kalo saya sedia nomor telfon darurat yang bisa saya hubungi setiap saat; sedianya bukan di HP ya, karena hp bisa aja mati atau ilang sinyal tapi di semacam notes gitu. Jadi kalo ada apa-apa dan misalnya saya harus pinjam telepon warga gitu, saya ngga bingung nyari nomer telfonnya.

    Terus kenali juga lokasi kamu berada, misal kamu datang dari arah mana menuju kemana. Sumpah iya saya tahu ini udah jaman GPS tapi bener deh ini membantu banget kalo ngga ada sinyal dan harus GPS (gunakan penduduk sekitar) secara manual. Minimal pas di jalan merhatiin pom bensin terakhir dimana, rumah sakit dimana, udah ngelewatin apa aja.

    Oh ya, jangan lupa untuk selalu sedia P3K dan obat-obatan pribadi di mobil. Kalo saya, karena anaknya gampang mabok darat jadi saya selalu sedia cemilan + permen pedas juga, soalnya kalo muntah kebayang gak sih susahnya beresin muntahan di mobil.



    Jadi demikianlah kira-kira tips road trip hemat dan riang gembira ala duckofyork. Mungkin kalian mau sharing pengalaman road trip kalian juga? Bisa dishare silahkan di kolom komentar. See you!

    . Jumat, 12 Juli 2019 .

    5 komentar

    1. Berhubung saya juga suka sekali road trip, jadi tipsnya lumayan membantu nih hehe dan betul deh soal tips harus plan sebaik mungkin sama harus punya second plan juga, karena memang kadang ada hal-hal yang terjadi di luar rencana :D

      BalasHapus
    2. Oke 110 dan 112
      Baru tau

      Ahahah aku juga nih kalo nyari hotel traveloka pasang budget 300rb dan penting bgt nyari yang tetep instagramable wkkwkwkw.

      Eh eh, tapi iya sih namanya open trip itu lebih murah. Cuma ya kadang gabisa nikmatin karena jadwalnya ngikut orang gak bisa explore plan a plan b plan c.
      Etapi, kalo ga pake open trip kadang dibagian "Budgeting" aja aku udah puyeng ngeluh Mahaaaal wkwk

      BalasHapus
    3. Saya agak susah mba, buntutnya banyak jadi dari segi budget sudah pasti selangit hehehe

      BalasHapus
    4. Jadi pengen nih roadtrip juga lewat tol transjawa. Sebagai orang yang tinggal di pulau sulawesi, saya hanya bisa menunggu kapan kereta trans sulawesi dan tol (kalau ada rencana) bisa tersambung seluruhnya.

      BalasHapus
    5. Aku juga anaknya direncanain semua. Bahkan mau makan juga dijatahin berapa rupiah per sekali makannya. Hahahaha. Tapi tetep siapin uang jaga2.

      Nah sebelum berangkat juga selalu siapin hotel dulu. Paling males kalau sampe lokasi masih nyari2 tempat.

      BalasHapus

    popular posts

    IBX5B00F39DDBE69