T O D A Y O N D U C K Y V E R S E





Cara Berhenti Merokok Ter-Anti Mainstream - #tipsfromtheduckter

Ada yang kangen sama artikel separo curhat saya? Kayanya ngga ada, jadi saya skip aja ya postingan kali ini! *bener-bener minta digeruduk...

cara berhenti merokok ampuh anti mainstream

Ada yang kangen sama artikel separo curhat saya? Kayanya ngga ada, jadi saya skip aja ya postingan kali ini! *bener-bener minta digeruduk massa*

Seperti biasa, artikel lifestyle nya duckofyork kan isinya suka-suka. Jadi ya pokoknya sesukanya saya aja gitu #DikeprukUlekanSambel nggak deng, kali ini saya mau berbagi cara berhenti merokok. Kenapa tiba-tiba saya bikin topik yang nggilani kayak gini? Karena saya mau dan itu yang saya suka! *dengan muka datar* *ala-ala audisi biskuat*

((at this point gue sangat bertanya-tanya akankah ada yang mampir di blog yang sering banget bahas biskuat ini. oh well)

BTW kalo kalian bertanya-tanya apakah saya merokok, maka jawabannya adalah tidak. Kalau kalian bertanya-tanya apakah saya pernah merokok jawabannya pernah.

Ya, karena semua orang pernah alay bandel termasuk saya. Biasa deh, kenakalan remaja. Karena lingkungan pergaulan saya jaman remaja dulu agak-agak keparat, maka berkenalanlah saya dengan batangan batangan tembakau itu. ((emangnya sekarang pergaulan lu udah bener gi? bhay!))

Terus kecanduan nggak? Well, saya nggak tahu ini termasuknya kecanduan apa nggak, tapi kalo saya stress pengen aja gitu ngerokok. Kalo kata orang-orang, rokok saya rasanya kaya obat batuk jadi ya sebenernya nggak kecanduan-kecanduan amat. Yaudahlah ya, cuma itu yang seger ditenggorokan. Sisanya sepet pait nggak enak. Tapi pengen lagi. Sensasi apa ini, saya juga nggak paham #LambaikanTanganKepadaKamera

Berhentinya gimana?

Well, saudaraku, berhenti merokok tidak bisa seinstan berhenti nonton drama korea ((itu juga gak instan kayanya sist)), bahkan kalo mau bener-bener berhenti, badan kita udah bener-bener harus buanget dalam kondisi Fit. Kalo nggak fit, yang ada malah makin craving rokok.

Kali ini saya mau berbagi cara berhenti merokok versi saya dan jelas pasti beda dong sama website-website lainnya ((jelas, yang nulis kenthir og!)), sukur-sukur membantu. Kalo nggak silahkan dilanjut gugel-gugelnya.

1. Shock Therapy

merokok sama dengan bakar duit

Jadi, cara ini berdasarkan pada sebuah kisah nyata. Alkisah di sebuah keluarga, terdapat anak SMA bandel yang ketahuan merokok oleh bapaknya. Sang bapak, instead of marah-marah dan menyuruh anak membuang rokoknya, malah mengajak anaknya itu untuk duduk bersama di ruang tamu, dan mengajak merokok bersama.

Sang anak yang bingung kemudian duduk di sebelah bapaknya yang kemudian mengeluarkan EMPAT puntung rokok dan kemudian menjejalkannya ke mulut anaknya, kemudian membakar ke empat rokok tersebut sambil berkata dengan tegas, "NAH SEKARANG SILAHKAN DIHISAP!"

Habis itu anaknya kapok. for the time being sih tapi tetep aja traumatis kan.

(PS: cerita ini mungkin terjadi di rumah saya. mungkin lho. silahkan kalian mengira-ngira sendiri)

Cerita selanjutnya: ada temen saya yang hobinya merokok, lagi ngapa-ngapain pasti merokok. Suatu hari isi kotak rokoknya diganti dengan duit 20 ribuan yang dibakar separo. Habis itu dia jadi introspeksi sama kebiasan merokoknya.

Ada juga temen yang istrinya pasang smoke detector di rumah biar dia nggak bisa merokok. Kreatif sih, kalo ada asep rokok lumayan bisa joget Umbrella-nya Rihanna didalam rumah. Intinya kadang shock therapy itu perlu. 


2. Detox Nikotin

detox bebas rokok


Katanya kan yang bikin kecanduan rokok itu nikotinnya, jadi salah satu cara untuk berhenti merokok itu ya dengan detox si nikotin-nikotin dalam tubuh. Sebenernya badan kita itu udah ada mekanisme untuk detox si nikotin ini lewat keringat dan ampas ampas lainnya yang keluar dari tubuh, cuma kalo kitanya ble'e terus-terusan ngerokok ya sama aja boong kaaan :(

((misal 1 hari kamu bisa detox racun nikotin setara 1 batang rokok di badan kamu, tapi kamu ngerokoknya sekotak, kan sama aja nggak ngaruh gitu))

Ada sih yang jual obat-obatan buat detox nikotin gitu, tapi saya sendiri gak tau kesahihan obatnya sejauh mana. Kalo kalian mau pake obat-obatan seperti ini untuk detox nikotin sebaiknya sih minta pendapat dokter dulu ((daripada beli obat yang ternyata sebenernya kita ga perlu mending duitnya kita pake makan bakso kan #AnaknyaEkonomisBangetGengs))

Kalo saya lebih prefer detox dengan mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat, misal exercise alias Olahraga dan minum suplemen vitamin yang mendukung restorasi sel-sel tubuh. Jadi nanti keluarnya si racun nikotin itu lewat keringat yang mengalir gituh.

Kalo lagi males olahraga biasanya saya sauna biar keringetan atau pijet refleksi atau berendam air hangat. Lumayan banget sih pengaruhnya ke badan saya, jadi jauh lebih seger. Habis sauna terus spa sekalian. Jadi bayangin spa, hueh.

3. Ganti Kebiasaan Menghisap Rokok

daripada merokok mending sabunan


Okelah kalo kecanduannya karena nikotin bisa didetox. Kalo kecanduannya karena megang rokok atau menghisap rokok bikin tenang kaya mainan fidget spinner? Ini baru perkara.

Saya termasuk yang biasa aja sama nikotin tapi kegiatan pegang rokok dan ngisep-ngisep something di mulut itu emang susah banget ilangnya. Beberapa teman saya mensubstitusi rokok dengan vape,  tapi kalo saya jujur aja males nge-vape, particularly karena sama aja mahalnya sama ngerokok #EkonomisModeOn

Kalo kata temen saya sih, dia sedia sedotan sama air es jadi kalo mulutnya pengen ngerokok, dia langsung nyeruput si air es itu via sedotan. Nggak tau ngaruh apa nggak, karena kalo saya ketemu air es bawaannya pengen langsung minum mak glegek gitu ((itu mah emang elo yang rakus gi lol))

Atau ada juga temen saya yang bawa listerine kemana-mana terus kalo pengen ngerokok dia kumur pake listerine. Biar mulutnya ga asem kayanya. Abis kumur, dia ngemut permen pedes. Asli saya nggak paham ini aliran dari mana tapi kayanya si ngaruh di dianya.

Kalo saya kemana-mana bawa lollipop yang rasanya strong, misal rasa cola apa rasa mangga. Dulu ada tuh permen lollipop favorit saya tapi belinya harus di Foodhall. Dan... di Jogja gak ada Foodhall sist :(

Terus kalo pas stress banget dan pengen ngerokok, akhirnya saya milih untuk menghisap jempol. Bodo amat keliatan ridiculous yang penting tenang dan nggak keluar duit buat beli rokok. Ini hemat lho bukan pelit, mohon dicatat ya. 

4. Manfaatkan Celengan

Kalo kita punya duit buat beli rokok, pasti bawaannya pengen beli aja terus rokoknya kan?? Nah saya punya tips edan paling luar biasa alamakjang amajing in bed pokoknya ampuh.

Jadi... setiap saya pengen ngerokok dan ada duitnya, maka duit itu akan saya masukkan ke celengan.

Metode ini sangat ngaruh ketika kita gabungkan dengan detox nicotine sambil ngisep jempol. Seriusan. Jadi karena saya niat banget mau detox, akhirnya saya berusaha menjauhi barang haram rokok tersebut lengkap dengan teman-teman yang ngerokok juga.

Jadi 3 bulan kemudian, ketika saya udah biasa aja nih sama rokok, celengannya saya buka. Sekarang si celengan sudah berubah bentuk jadi PS3 + game-game gemes lainnya. Alhamdulillah. 

((kebayang gak sih kalo lebih lama, kali bisa jadi motor, terus disewain buat grabbike apa gojek terus jadi milyuner. baiklah.))

5. Pertemanan Sehat

menghindari teman yang merokok


Ini adalah cara berhenti merokok yang paling pahit.

Kebanyakan dari kita merokok karena di lingkungan sekitar kita beranggapan bahwa merokok adalah hal yang lumrah. Saya termasuk beruntung ketika lagi nongkrong dan teman-teman nawarin rokok saya bisa menolak dan mereka nggak maksa, tapi saya rasa nggak semua lingkungan pertemanan bisa kaya begitu.

Kalau saya sih gini: we are just as good as the people we're friends with. Yaudah kalo misalnya kita temenannya sama orang-orang yang maksa ngajak ngajak ngerokok bareng, susah banget pasti buat berhenti. Ya satu-satunya cara cuma mundur.

Kenapa gitu? Karena kalo misalnya saya kena pneumonia  apa amit amit kanker paru-paru, mereka kan nggak ikut ngerasain sakitnya kan? Yang ngerasain cuma saya.

Jadi learn to say no. Karena temen yang baik adalah yang menghormati keinginan temennya sendiri.

Mau tetep temenan sih nggak apa-apa sebenernya, yang penting kuat mental kalo ditawarin. Kalo temen saya ada yang punya mantra "kalo ditawarin rokok aja ga bisa nolak, apalagi ditawarin duit korupsi" #sikap
***

Nah, itu tadi tips berhenti merokok ala-ala dari saya! Cara ini manjur di saya sih... dan belom tentu nggak manjur di kamu #pedegilak dan buat kamu-kamu yang punya tips dan trick berhenti merokok lainnya, jangan lupa untuk share di kolom komen yaaaa!

See you guys later!

You Might Also Like

13 comments

  1. Bagus jugaa nih tips ala-alanya mbak. Kalo boleh ditambahin nihh yang penting niat dulu aja. Kalo niatnya nggak gede(?) pasti ujung-ujungnya ya balik lagi kaan...heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ku jujur ter males nulis niat soalnya harusnya yang google beginian udah niat duluan kan ya mba? wakakaka tapi bener sih kalo ngga niat ya ga bakal sukses

      Delete
  2. Hahaha bagus juga tips nya sis, tapi kayaknya kalo dikasih ke papaku yang perokok ngga bakal ngaruh juga soalnya dasar ngeyel dan nggak bisa dibilangin hmmmm *malah curhat*

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa namanya juga bapak-bapak niii...
      coba aja install smoke alarm di rumah sama sprinkler. dijamin heboh wakakaka

      Delete
  3. Ya ampun patut dicontoh itu yg pasang smoke detector di rmh hihihi

    ReplyDelete
  4. Waahh!! Tips menarik nih untuk mengurangi rokok.. Meski belum bisa berhenti total dari merokok setidaknya contoh diatas bisa jadi pedoman buat saya yang perokok pasif... Ok thanks sob...😄😄😄

    ReplyDelete
  5. Hihi, kebayang itu anak dijejalin rokok segitu, Mbak..tapi lucu juga ya pengalaman seperti ini..di rumah, bapak perokok berat, karena terbiasa tiap hari jadi bisa aja. Pas nikah rupanya suami nggak merokok, berasa banget pas pulang kampung nyium asep rokok dikit aja langsung batuk2 dan sebel gitu..kwkwk..*dosa yang disebelin bapak :D

    ReplyDelete
  6. Aku gak suka ngerokok, nyium baunya aja gak suka. Suamiku bisa ngerokok. Jadi dia ngerokok kalau ada temen yang ngajakin doang. Tapi termasuk jarang sih. Soalnya aku gak suka juga. Hahahaha.

    ReplyDelete
  7. Ayah saya sempat berhenti merokok demi anak. Tp ya gitu deh saat anak2 dirasa udah gedean malah balik ngerokok lg #tepokJidat. Akhirnya saya ngejadiin syarat mutlak calon suami saya tu yg ga ngerokok. Untungnya kesampean heheheh

    ReplyDelete
  8. Love the tips! Masuk akal banget semuanya kakaaaaaaaa. Jadi kira kira gimana tuh rasanya ngisep 4 batang rokok sekaligus? Nyesek pastinya yaaaa.. :') Shock terapi yang kece banget, salut euy sama si bapak!

    ReplyDelete
  9. warbyazah. bokap ngerokok dan kebetulan aku dan adek laki - laki engga. Pas bokap berenti ngerokok karna sakit, tetiba telpon adek dan bilang : "Dek, kamu ga ngerokok kan? Jangan ya". Tetiba si adek ngakak~ Kok ya baru - baru ini aja ceramahnya, dulu pas doi masi rokok'an kok mala selow~ nyahaha

    www.eandana.com

    ReplyDelete

I ' M A P A R T O F



Blogger Perempuanpostimage
IBX5B00F39DDBE69

Instagram Feeds