• about me
  • menu
  • categories
  • Agi Tiara Pranoto

    Agi Tiara Pranoto

    Seorang Blogger Indonesia yang berdomisili di Yogyakarta. Selain menulis, dia juga sangat hobi main PUBG Mobile. Cita-citanya adalah mendapatkan passive income sehingga tidak perlu bekerja di kantor, apa daya selama cita-cita itu belum tercapai, dia harus menikmati hari-harinya sebagai manajer sebuah penginapan syariah dan content manager sebuah clothing line

    [REVIEW] Azalea Shampoo Hijab di Rambut Bergelombang Tipe 2: Bikin Nggak Lepek??


    So many people said, i was blessed with beautiful wavy hair. 

    Kalian semua ngga tau deritanya bangun dan rambutmu nyangkut-nyangkut kaya kabel headphone yang gak tangle-free. *nangis in the corner*


    FYI, rambut saya tipe 2A. Wavy tapi lepek dan tipis. Kalo keseringan disisir bentuknya nggak jelas tapi kalo nggak disisir kusutnya nggak keruan kaya singa gagal rebonding. Selama ini sih saya pake shampoo untuk rambut berminyak dan shampoo dengan formula anti-lepek supaya bisa nggak perlu keramas sering-sering.

    Nah kemarin terbersitlah ide untuk mencoba shampoo hijab! karena kan shampoo hijab diformulasikan buat orang-orang berhijab yang mana punya masalah rambut 11-12 sama saya yaitu lepek, rambut berketombe, rontok, pengen rambut cepet kering abis keramas (ini saya banget nih!) dan lain-lain.

    Ide super duper mega brilian ini muncul setelah menghadiri acara blogger gathering yang diadakan oleh Azalea Shampoo di Kunena Eatery Yogyakarta. Kalau kalian kepo, Azalea Shampoo ini diproduksi oleh Gondowangi, yang juga memproduksi shampoo natur.

    Blogger Gathering Azalea X Blogger Jogja




    Saya memang menyempatkan diri untuk datang ke Blogger Gathering yang diadakan oleh Azalea Shampoo di Kunena Eatery Yogyakarta, karena selain ngomongin soal rambut dan kesehatan rambut buat teman-teman yang berhijab, ada sesi workshop soal Personal Branding oleh mba Dian Ismyama

    Disini saya juga jadi paham bahwa masalah rambut teman-teman yang menggunakan hijab juga kompleks sekali dan nggak jauh beda dengan saya yang memiliki rambut wavy tipe 2 yaitu rambut mudah lepek, lama keringnya, lembab dan berketombe. Bedanya kan kalo saya tidak tertutup hijab jadi untuk masalah rambut lembab saya nggak mengalami.

    Review Shampoo Azalea



    Sejujurnya saya bukan tipe yang suka ganti-ganti shampoo--tapi apa daya, kamu tau nggak orang-orang nggak beruntung yang kalo kelamaan nggak ganti shampoo (atau nggak pake clarifying shampoo lebih tepatnya) rambutnya jadi ketombean terus lepek all the time??? ya itulah rambut saya.

    And oh, disclaimer first: this is not a paid review. Saya diundang dan diberikan produk Azalea Shampoo dan Hair Mist untuk direview. Saya tidak dibayar buat ngebagus-bagusin reviewnya, jadi memang ini murni first impression dari saya. 

    First Impression Azalea Shampoo & Hair, Hijab & Body Mist




    Untuk first impression saya terhadap Shampoo Azalea ini sebenernya B ajah. Kenapa? karena kemasannya plastik dan warnanya biru gonjreng banget. Sebenernya saya sudah mengurangi penggunaan shampoo dengan kemasan nanggung untuk pemakaian sehari-hari karena jatoh-jatohnya jadi memperbanyak sampah kemasan plastik. But it's okay kalo kalian belom mengadaptasi gaya hidup zero waste seharusnya masalah kemasan ini nggak akan terlalu mengganggu kalian.



    oh ya tutup botol shampoo nya masih tipe yang flip top tapi kecil gitu dan mungkin karena masih baru jadi bukanya nggak begitu gampang. Menurut saya tutupnya ini masih ideal lah ya, nggak yang terlalu susah dibuka tapi nggak yang loose dan bikin shampoonya jadi kemana-mana juga pas dituang.

    TAPI, tapi nih, saya suka karena di kemasan 180ml nya, si botol shampoo terasa penuh, tidak kopong dan setelah saya lihat tipe shampoonya adalah yang cair agak translucent. Lobang di botolnya pun tidak terlalu besar. Alamat irit!!! ((langsung hepi))

    saya belom kepo lebih lanjut apakah Azalea ini ada travel size atau kemasan sachetnya karena agak susah juga bawa botol segede gini buat traveling atau jalan-jalan--dan males juga kalo harus pindah-pindahin ke botol kecil. Kalo kalian tahu, boleh komen dibawah.

    Untuk hair mistnya sendiri juga mengenakan kemasan spray plastik layaknya body spray; tapi dia dikemas dalam bentuk kotak--extra packaging banget sih menurut saya, tapi emang kotak dan labelnya doff sehingga kesannya lebih premium daripada shampoonya meskipun lagi-lagi... tutupnya masih tutup plastik yang gampang ilang. 

    Mengingat harganya cukup murah: harga ecerannya bervariasi tergantung daerah tapi saya liat di shopee sepaket shampoo dan mist seharga 25.000 rupiah, menurut saya ini murah banget beb!!! jadi permasalahan packaging ini nggak seberapa jadi masalah lagi deh (insert emoticon senyum senyum kuda here)

    Seberapa Wangi Shampoo dari Azalea? 


    Jadi waktu event saya sudah "curi-curi" ((ngendus)) wangi si Shampoo Azalea ini. Kebetulan produk yang dikenalkan kepada kami adalah Azalea Hijab Shampoo anti dandruff. Kalo nggak salah variannya ada satu lagi yang hijau. Berdasarkan pencarian saya; yang hijau menggunakan minyak zaitun dan ginseng sementara yang biru menggunakan minyak zaitun dan ekstrak citrus untuk formula anti ketombe. 

    Jadi gimana wanginya? gimana sih kok pembahasannya lari-lari!! YA MAAP MAAP, lanjut. Wanginya menurut aku seger banget! wanginya fruity seperti citrus--YA IYALAH KAN PAKE CITRUS EXTRACT! KALO BAU DUREN BARU LO BINGUNG!! *sfx: tepok jidat*

    eh tapi nggak, saya seriusan nih, wanginya segar dan fruity tapi masih ada hint floralnya. Berhubung segala produk perawatan tubuh saya wanginya seperti jejerukan maka Azalea Hijab Shampoo ini masyuuuukk banget sama selera hidung saya. Iya hidung saya saja punya selera, masa anda tidak?? (ibu-ibu julid mode: ON)

    Kalo klaim dari azaleanya sendiri adalah shampoo ini mengandung bahan alami yaitu mengandung Minyak Zaitun dan Ekstrak Citrus yang membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal. Konon bahan-bahan yang digunakan dalam Azalea Shampoo ini terinspirasi dari thibbun nabawi yaitu pengobatan berdasarkan Sunnah Rasul.

    Bahan-bahan thibbun nabawi ini misalnya ya lidah buaya, minyak zaitun dan si citrus tadi itu. Jadi memang jelas Azalea Shampoo ini bener-bener diformulasikan untuk wanita-wanita berhijab masa kini; dan ADA SERTIFIKAT HALALNYA jadi jangan khawatir sodara-sodara ((jumawa mode on))

    Itu tadi shampoonya ya, saya dapet sepaket dengan hair, hijab dan body mistnya yang mengandung minyak zaitun dan aloe vera extract. Sejujurnya saya baru sekali ini menemukan satu produk dengan 3 fungsi yaitu mist untuk rambut, hijab dan badan. Saya sampe baca ulang botolnya beberapa kali untuk memastikan saya nggak salah baca (ternyata nggak)


    Kalo si hair mist ini wanginya sedikit berbeda dengan shampoonya yang super fruity. Kalo shampoonya semerbak mewangi seperti kamu kalo mau malem mingguan si hair mist ini wanginya lebih subtle dan sedikit seperti wangi bunga-bungaan.

     Kalau dari botolnya sih, si hair mist ini berfungsi untuk mengurangi bau lembab di rambut. Mungkin akan cocok buat kalian yang suka buru-buru abis keramas langsung pake hijab dan nggak ngeringin rambut dulu kali ya.... atauuuu... cocok bagi manusia jarang keramas seperti saya.

    Sejujurnya saya lebih suka wangi shampoonya ketimbang hair mistnya--tapi kalo dipake bersamaan dan wanginya sama-sama gonjreng nanti pak suami bisa nyanyi "biasanyaaa~ tak pakai~~ minyak wangiiii~~" ya khannn? jadi ada bagusnya juga si hair hijab and body mist ini lebih subtle wanginya lol.

    Komposisi Ingredients di dalam Azalea Shampoo dan Hair, Hijab & Body Mist

    Karena sebuah review tidak lengkap tanpa detail komposisi bahannya, maka saya akan membahas secara tuntas mengenai bahan-bahan yang digunakan di Azalea Shampoo dan Azalea Hair Hijab & Body Mist.



    Yang pertama, Shampoo Azalea Varian Anti Dandruff:

    aqua, Moringa Olifeira Leaf Extract, Sodium Laureth Sulfate, Thuja Orientalis Extract, Morus Alba Extract, Cocamidopropyl Betaine, Eclipta Prostrata Extract, Cocamide DEA, Crataegus Oxyacantha Extract, Vitex Trifolia Fruit Extract, Angelica Dahurica Extract, Propylene Glycol, Lauryl Glucoside, Fragrance, Phenoxyethanol, Glycerin, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Cyclotetrasiloxane, Imidazolidinyl Urea, Climbazole, PEG-200 Hydrogenated Glyceril Palmate, Methylparaben, Guarhidroxypropyl trimonium chloride, Menthol, PEG-7 Glyceril Cocoate, Dimethiconol, Sodium Chloride, Citric Acid, Cyclopentasiloxane Panthenol, Olive oil PEG-7 Esters, Zinc Gluconat, Zinc Undecylenate, Allantoin, Glutamic Acid, Lysine HCL, TEA-dodecylbenzenesulfonate, Propylparaben, Sodium Benzoat, Potassium Sorbate.

    Itu list ingredients yang ada di botol Shampoonya ya gaes. Bisa diliat dari list ingredients nya memang mereka menggunakan banyak sekali ekstrak tumbuh-tumbuhan--seperti kelor (moringa), thuja, murbei (morus alba), hawthorn (cratageus oxyacantha), legundi, dan angelica dahurica, jeruk nipis, dan lain-lain. berarti klaim mengikuti thibbun nabawi ini bukan klaim kaleng-kaleng ya gaes! karena ekstrak tumbuh-tumbuhan ini memang ekstrak yang lazim digunakan dalam pengobatan tradisional. 

    akan tetapi (sedih nih) masih ada SLS dan Parabennya. Jadi kalau kamu alergi atau sensitif terhadap SLS, saya tidak menyarankan kamu untuk memakai shampoo ini. Tapi saya rasa untuk shampoo di range harga segini belom ada yang tidak menggunakan SLS karena sebenernya SLS itu umum banget digunakan untuk memberikan efek foamy pada shampoo atau sabun yang kalian gunakan. 

    Cuma saya salut sih, untuk shampoo yang mengklaim dirinya sebagai shampoo natural, memang ekstrak yang digunakan pastinya memiliki proporsi yang lebih banyak (karena ditaruh di bagian depan ingredients), sehingga saya jadi yakin klaim natural dari azalea shampoo bukan klaim kaleng-kaleng.

    Jadi kalo kalian ngga ada masalah menggunakan shampoo dengan SLS dan Paraben (seperti saya), Azalea Shampoo ini boleh banget dicoba. 



    Oke Lanjut Ke Ingredients dari Azalea Hair, Hijab & Body Mist: 

    water, alcohol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Propylene Glycol, Fragrance, D-Panthenol, Olive Oil PEG-7 Esters, Butylene Glycol, Aloe Barbadensis Extract, Polyquaternium-10, Esters, Imidazolidinyl Urea, Phenyl Trimethicone, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Allantoin, Phenoxyethanol, Biosaccharide Gum-1

    Ingredientsnya memang nggak sebanyak si shampoo, tapi... list nomer duanya adalah alcohol. Dan alkohol bisa bikin kulit dan rambut jadi kering :( Cara pemakaiannya memang disemprotkan dari jarak 6-15 cm sih. Kalau buat hijab/body spray nggak masalah sih--kalo buat rambut sih amannya semprot ke sisir dulu baru sisirnya dipake buat nyisir rambut.

    BTW Azalea Hair, Hijab & Body Mist ini juga sudah mengantongi sertifikasi halal, jadi alcohol yang saya maksud disini adalah alcohol medical grade bukan alcohol khamr untuk diminum ya sist. Jangan khawatir.

    Kesan Setelah Pemakaian Azalea Shampoo dan Hair, Hijab & Body Mist




    Jadi seperti yang saya sudah bilang; rambut saya itu tipe 2A--wavy with S-shaped curls tapi jatoh dan nggak seberapa megar. Ladies, take notes: this is what happened when people with super straight baby hair and super afro-curl hair have babies.

    Menurut penuturan Mbak Edy dari Azalea; memang Azalea Shampoo ini diformulasikan khusus untuk kamu-kamu yang berhijab sehingga selain anti lepek-anti ketombe-dan menyegarkan, konon shampoo azalea juga lebih cepat kering ketimbang shampoo pada umumnya. 

    Apakah benar demikian ferguso? Menurut hasil percobaan saya (dengan hanya menggunakan Azalea Shampoo & Hair Mist tanpa Conditioner/Hair Mask Apapun dan mengeringkan rambut TANPA hairdryer) memang rambut tidak lepek meskipun hari itu saya sempat makan geprek & taichan yang mana huh hah huh hah pedas berkeringat pemirsa!

    Oke, jadi biasanya kalo saya keringin rambut tanpa hairdryer maka rambut saya akan benar-benar kering dalam waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam tergantung aktifitas. Saya selesai keramas jam 12 dan rambut saya baru kering sekitar jam 2. Jadi klaim lebih cepat keringnya ini relatif ya. 

    Tapi emang sih pas keramas ada sensasi semriwing selayaknya shampoo anti ketombe pada umumnya. Wanginya juga segar dan nggak cepat hilang. Keesokan harinya saya nggak keramas dan hanya menggunakan mist dan sampai sekitar pukul 3 sore rambut saya belum lepek. Lumayan juga 24 jam lebih rambut masih greng.

    Oh ya, mist nya ini sedikit membuat rambut saya kering, sehingga saya menggunakannya dengan cara menyemprotkan ke sisir baru saya sisiran. Kalau kalian pake hijab mah langsung aja semprotin ke hijab kaaaan~

    Dan karena mistnya ini lumayan bikin rambut kering, saya rasa mist ini lebih cocok untuk teman-teman dengan rambut berhijab


    Pros and Cons Penggunaan Azalea Shampoo & Azalea Hair, Hijab and Body Mist

    Setelah pemakaian Azalea Shampoo dan Azalea Hair, Hijab dan Body Mist selama kurang lebih 1 minggu (3 kali keramas) saya bisa menarik kesimpulan bahwa shampoo azalea ini memang tidak membuat rambut saya lepek dan juga tidak menimbulkan ketombe. Berarti cocok di kulit kepala saya yaaaa, meskipun tipe rambut saya yang oily banget di akar dan kering di ujung. 

    Jadi berdasarkan hasil pemakaian, saya menemukan beberapa hal yang saya suka dan saya kurang suka.

     Azalea Shampo Pros:
    - Tidak Bikin Lepek
    - sensasi mentholnya enak, nggak terlalu pedes tapi tetep seger
    - Wanginya segar
    - Isi kemasannya full
    - Rambut tetap lembut meskipun tanpa conditioner
    - harganya murah

    Azalea Shampoo Cons:
    - masih mengandung SLS, paraben & dimethiconol

    Azalea Hair Hijab and Body Mist Pros:
    - wanginya subtle
    - kemasannya mudah dibawa-bawa karena tidak terlalu besar
    - packagingnya bagus  
    - all in one, bisa buat badan juga
    - harganya murah

    Azalea Hair Hijab and Body Mist Cons
    - mengandung alkohol sehingga kalo langsung disemprot ke rambut jadi kering :(

    Kalau menurut saya untuk harga semurah itu, produk-produk azalea ini worth it untuk dicoba, terutama bagi teman-teman yang menggunakan hijab. Saya sendiri tidak punya masalah berarti dalam penggunaan produk-produk dari Azalea. 

    Apakah saya akan repurchase kedepannya? Most Likely, Yes. Sekarang saya memang lagi pengen mengurangi penggunaan produk-produk dengan SLS, Paraben dan Dimethicone, tapi saya juga paham bahwa ketiga ingredients ini adalah ingredients yang umum dipakai khususnya pada shampoo dan produk-produk hair care. Dan dengan price point IDR 19-25 ribu, menurut saya Azalea ini sangat affordable dan cocok untuk kulit kepala saya. 

    Jadi begitulah pengalaman yang saya rasakan selama menggunakan Shampoo Azalea dan Azalea Hair, Hijab and Body Mist. Kalau kalian tertarik untuk mengepoin produk-produk Azalea lebih lanjut, kalian bisa cek link dibawah ini:

    Azalea Inspired by Natur


    So many people said, i was blessed with beautiful wavy hair. 

    Kalian semua ngga tau deritanya bangun dan rambutmu nyangkut-nyangkut kaya kabel headphone yang gak tangle-free. *nangis in the corner*


    FYI, rambut saya tipe 2A. Wavy tapi lepek dan tipis. Kalo keseringan disisir bentuknya nggak jelas tapi kalo nggak disisir kusutnya nggak keruan kaya singa gagal rebonding. Selama ini sih saya pake shampoo untuk rambut berminyak dan shampoo dengan formula anti-lepek supaya bisa nggak perlu keramas sering-sering.

    Nah kemarin terbersitlah ide untuk mencoba shampoo hijab! karena kan shampoo hijab diformulasikan buat orang-orang berhijab yang mana punya masalah rambut 11-12 sama saya yaitu lepek, rambut berketombe, rontok, pengen rambut cepet kering abis keramas (ini saya banget nih!) dan lain-lain.

    Ide super duper mega brilian ini muncul setelah menghadiri acara blogger gathering yang diadakan oleh Azalea Shampoo di Kunena Eatery Yogyakarta. Kalau kalian kepo, Azalea Shampoo ini diproduksi oleh Gondowangi, yang juga memproduksi shampoo natur.

    Blogger Gathering Azalea X Blogger Jogja




    Saya memang menyempatkan diri untuk datang ke Blogger Gathering yang diadakan oleh Azalea Shampoo di Kunena Eatery Yogyakarta, karena selain ngomongin soal rambut dan kesehatan rambut buat teman-teman yang berhijab, ada sesi workshop soal Personal Branding oleh mba Dian Ismyama

    Disini saya juga jadi paham bahwa masalah rambut teman-teman yang menggunakan hijab juga kompleks sekali dan nggak jauh beda dengan saya yang memiliki rambut wavy tipe 2 yaitu rambut mudah lepek, lama keringnya, lembab dan berketombe. Bedanya kan kalo saya tidak tertutup hijab jadi untuk masalah rambut lembab saya nggak mengalami.

    Review Shampoo Azalea



    Sejujurnya saya bukan tipe yang suka ganti-ganti shampoo--tapi apa daya, kamu tau nggak orang-orang nggak beruntung yang kalo kelamaan nggak ganti shampoo (atau nggak pake clarifying shampoo lebih tepatnya) rambutnya jadi ketombean terus lepek all the time??? ya itulah rambut saya.

    And oh, disclaimer first: this is not a paid review. Saya diundang dan diberikan produk Azalea Shampoo dan Hair Mist untuk direview. Saya tidak dibayar buat ngebagus-bagusin reviewnya, jadi memang ini murni first impression dari saya. 

    First Impression Azalea Shampoo & Hair, Hijab & Body Mist




    Untuk first impression saya terhadap Shampoo Azalea ini sebenernya B ajah. Kenapa? karena kemasannya plastik dan warnanya biru gonjreng banget. Sebenernya saya sudah mengurangi penggunaan shampoo dengan kemasan nanggung untuk pemakaian sehari-hari karena jatoh-jatohnya jadi memperbanyak sampah kemasan plastik. But it's okay kalo kalian belom mengadaptasi gaya hidup zero waste seharusnya masalah kemasan ini nggak akan terlalu mengganggu kalian.



    oh ya tutup botol shampoo nya masih tipe yang flip top tapi kecil gitu dan mungkin karena masih baru jadi bukanya nggak begitu gampang. Menurut saya tutupnya ini masih ideal lah ya, nggak yang terlalu susah dibuka tapi nggak yang loose dan bikin shampoonya jadi kemana-mana juga pas dituang.

    TAPI, tapi nih, saya suka karena di kemasan 180ml nya, si botol shampoo terasa penuh, tidak kopong dan setelah saya lihat tipe shampoonya adalah yang cair agak translucent. Lobang di botolnya pun tidak terlalu besar. Alamat irit!!! ((langsung hepi))

    saya belom kepo lebih lanjut apakah Azalea ini ada travel size atau kemasan sachetnya karena agak susah juga bawa botol segede gini buat traveling atau jalan-jalan--dan males juga kalo harus pindah-pindahin ke botol kecil. Kalo kalian tahu, boleh komen dibawah.

    Untuk hair mistnya sendiri juga mengenakan kemasan spray plastik layaknya body spray; tapi dia dikemas dalam bentuk kotak--extra packaging banget sih menurut saya, tapi emang kotak dan labelnya doff sehingga kesannya lebih premium daripada shampoonya meskipun lagi-lagi... tutupnya masih tutup plastik yang gampang ilang. 

    Mengingat harganya cukup murah: harga ecerannya bervariasi tergantung daerah tapi saya liat di shopee sepaket shampoo dan mist seharga 25.000 rupiah, menurut saya ini murah banget beb!!! jadi permasalahan packaging ini nggak seberapa jadi masalah lagi deh (insert emoticon senyum senyum kuda here)

    Seberapa Wangi Shampoo dari Azalea? 


    Jadi waktu event saya sudah "curi-curi" ((ngendus)) wangi si Shampoo Azalea ini. Kebetulan produk yang dikenalkan kepada kami adalah Azalea Hijab Shampoo anti dandruff. Kalo nggak salah variannya ada satu lagi yang hijau. Berdasarkan pencarian saya; yang hijau menggunakan minyak zaitun dan ginseng sementara yang biru menggunakan minyak zaitun dan ekstrak citrus untuk formula anti ketombe. 

    Jadi gimana wanginya? gimana sih kok pembahasannya lari-lari!! YA MAAP MAAP, lanjut. Wanginya menurut aku seger banget! wanginya fruity seperti citrus--YA IYALAH KAN PAKE CITRUS EXTRACT! KALO BAU DUREN BARU LO BINGUNG!! *sfx: tepok jidat*

    eh tapi nggak, saya seriusan nih, wanginya segar dan fruity tapi masih ada hint floralnya. Berhubung segala produk perawatan tubuh saya wanginya seperti jejerukan maka Azalea Hijab Shampoo ini masyuuuukk banget sama selera hidung saya. Iya hidung saya saja punya selera, masa anda tidak?? (ibu-ibu julid mode: ON)

    Kalo klaim dari azaleanya sendiri adalah shampoo ini mengandung bahan alami yaitu mengandung Minyak Zaitun dan Ekstrak Citrus yang membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal. Konon bahan-bahan yang digunakan dalam Azalea Shampoo ini terinspirasi dari thibbun nabawi yaitu pengobatan berdasarkan Sunnah Rasul.

    Bahan-bahan thibbun nabawi ini misalnya ya lidah buaya, minyak zaitun dan si citrus tadi itu. Jadi memang jelas Azalea Shampoo ini bener-bener diformulasikan untuk wanita-wanita berhijab masa kini; dan ADA SERTIFIKAT HALALNYA jadi jangan khawatir sodara-sodara ((jumawa mode on))

    Itu tadi shampoonya ya, saya dapet sepaket dengan hair, hijab dan body mistnya yang mengandung minyak zaitun dan aloe vera extract. Sejujurnya saya baru sekali ini menemukan satu produk dengan 3 fungsi yaitu mist untuk rambut, hijab dan badan. Saya sampe baca ulang botolnya beberapa kali untuk memastikan saya nggak salah baca (ternyata nggak)


    Kalo si hair mist ini wanginya sedikit berbeda dengan shampoonya yang super fruity. Kalo shampoonya semerbak mewangi seperti kamu kalo mau malem mingguan si hair mist ini wanginya lebih subtle dan sedikit seperti wangi bunga-bungaan.

     Kalau dari botolnya sih, si hair mist ini berfungsi untuk mengurangi bau lembab di rambut. Mungkin akan cocok buat kalian yang suka buru-buru abis keramas langsung pake hijab dan nggak ngeringin rambut dulu kali ya.... atauuuu... cocok bagi manusia jarang keramas seperti saya.

    Sejujurnya saya lebih suka wangi shampoonya ketimbang hair mistnya--tapi kalo dipake bersamaan dan wanginya sama-sama gonjreng nanti pak suami bisa nyanyi "biasanyaaa~ tak pakai~~ minyak wangiiii~~" ya khannn? jadi ada bagusnya juga si hair hijab and body mist ini lebih subtle wanginya lol.

    Komposisi Ingredients di dalam Azalea Shampoo dan Hair, Hijab & Body Mist

    Karena sebuah review tidak lengkap tanpa detail komposisi bahannya, maka saya akan membahas secara tuntas mengenai bahan-bahan yang digunakan di Azalea Shampoo dan Azalea Hair Hijab & Body Mist.



    Yang pertama, Shampoo Azalea Varian Anti Dandruff:

    aqua, Moringa Olifeira Leaf Extract, Sodium Laureth Sulfate, Thuja Orientalis Extract, Morus Alba Extract, Cocamidopropyl Betaine, Eclipta Prostrata Extract, Cocamide DEA, Crataegus Oxyacantha Extract, Vitex Trifolia Fruit Extract, Angelica Dahurica Extract, Propylene Glycol, Lauryl Glucoside, Fragrance, Phenoxyethanol, Glycerin, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Cyclotetrasiloxane, Imidazolidinyl Urea, Climbazole, PEG-200 Hydrogenated Glyceril Palmate, Methylparaben, Guarhidroxypropyl trimonium chloride, Menthol, PEG-7 Glyceril Cocoate, Dimethiconol, Sodium Chloride, Citric Acid, Cyclopentasiloxane Panthenol, Olive oil PEG-7 Esters, Zinc Gluconat, Zinc Undecylenate, Allantoin, Glutamic Acid, Lysine HCL, TEA-dodecylbenzenesulfonate, Propylparaben, Sodium Benzoat, Potassium Sorbate.

    Itu list ingredients yang ada di botol Shampoonya ya gaes. Bisa diliat dari list ingredients nya memang mereka menggunakan banyak sekali ekstrak tumbuh-tumbuhan--seperti kelor (moringa), thuja, murbei (morus alba), hawthorn (cratageus oxyacantha), legundi, dan angelica dahurica, jeruk nipis, dan lain-lain. berarti klaim mengikuti thibbun nabawi ini bukan klaim kaleng-kaleng ya gaes! karena ekstrak tumbuh-tumbuhan ini memang ekstrak yang lazim digunakan dalam pengobatan tradisional. 

    akan tetapi (sedih nih) masih ada SLS dan Parabennya. Jadi kalau kamu alergi atau sensitif terhadap SLS, saya tidak menyarankan kamu untuk memakai shampoo ini. Tapi saya rasa untuk shampoo di range harga segini belom ada yang tidak menggunakan SLS karena sebenernya SLS itu umum banget digunakan untuk memberikan efek foamy pada shampoo atau sabun yang kalian gunakan. 

    Cuma saya salut sih, untuk shampoo yang mengklaim dirinya sebagai shampoo natural, memang ekstrak yang digunakan pastinya memiliki proporsi yang lebih banyak (karena ditaruh di bagian depan ingredients), sehingga saya jadi yakin klaim natural dari azalea shampoo bukan klaim kaleng-kaleng.

    Jadi kalo kalian ngga ada masalah menggunakan shampoo dengan SLS dan Paraben (seperti saya), Azalea Shampoo ini boleh banget dicoba. 



    Oke Lanjut Ke Ingredients dari Azalea Hair, Hijab & Body Mist: 

    water, alcohol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Propylene Glycol, Fragrance, D-Panthenol, Olive Oil PEG-7 Esters, Butylene Glycol, Aloe Barbadensis Extract, Polyquaternium-10, Esters, Imidazolidinyl Urea, Phenyl Trimethicone, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Allantoin, Phenoxyethanol, Biosaccharide Gum-1

    Ingredientsnya memang nggak sebanyak si shampoo, tapi... list nomer duanya adalah alcohol. Dan alkohol bisa bikin kulit dan rambut jadi kering :( Cara pemakaiannya memang disemprotkan dari jarak 6-15 cm sih. Kalau buat hijab/body spray nggak masalah sih--kalo buat rambut sih amannya semprot ke sisir dulu baru sisirnya dipake buat nyisir rambut.

    BTW Azalea Hair, Hijab & Body Mist ini juga sudah mengantongi sertifikasi halal, jadi alcohol yang saya maksud disini adalah alcohol medical grade bukan alcohol khamr untuk diminum ya sist. Jangan khawatir.

    Kesan Setelah Pemakaian Azalea Shampoo dan Hair, Hijab & Body Mist




    Jadi seperti yang saya sudah bilang; rambut saya itu tipe 2A--wavy with S-shaped curls tapi jatoh dan nggak seberapa megar. Ladies, take notes: this is what happened when people with super straight baby hair and super afro-curl hair have babies.

    Menurut penuturan Mbak Edy dari Azalea; memang Azalea Shampoo ini diformulasikan khusus untuk kamu-kamu yang berhijab sehingga selain anti lepek-anti ketombe-dan menyegarkan, konon shampoo azalea juga lebih cepat kering ketimbang shampoo pada umumnya. 

    Apakah benar demikian ferguso? Menurut hasil percobaan saya (dengan hanya menggunakan Azalea Shampoo & Hair Mist tanpa Conditioner/Hair Mask Apapun dan mengeringkan rambut TANPA hairdryer) memang rambut tidak lepek meskipun hari itu saya sempat makan geprek & taichan yang mana huh hah huh hah pedas berkeringat pemirsa!

    Oke, jadi biasanya kalo saya keringin rambut tanpa hairdryer maka rambut saya akan benar-benar kering dalam waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam tergantung aktifitas. Saya selesai keramas jam 12 dan rambut saya baru kering sekitar jam 2. Jadi klaim lebih cepat keringnya ini relatif ya. 

    Tapi emang sih pas keramas ada sensasi semriwing selayaknya shampoo anti ketombe pada umumnya. Wanginya juga segar dan nggak cepat hilang. Keesokan harinya saya nggak keramas dan hanya menggunakan mist dan sampai sekitar pukul 3 sore rambut saya belum lepek. Lumayan juga 24 jam lebih rambut masih greng.

    Oh ya, mist nya ini sedikit membuat rambut saya kering, sehingga saya menggunakannya dengan cara menyemprotkan ke sisir baru saya sisiran. Kalau kalian pake hijab mah langsung aja semprotin ke hijab kaaaan~

    Dan karena mistnya ini lumayan bikin rambut kering, saya rasa mist ini lebih cocok untuk teman-teman dengan rambut berhijab


    Pros and Cons Penggunaan Azalea Shampoo & Azalea Hair, Hijab and Body Mist

    Setelah pemakaian Azalea Shampoo dan Azalea Hair, Hijab dan Body Mist selama kurang lebih 1 minggu (3 kali keramas) saya bisa menarik kesimpulan bahwa shampoo azalea ini memang tidak membuat rambut saya lepek dan juga tidak menimbulkan ketombe. Berarti cocok di kulit kepala saya yaaaa, meskipun tipe rambut saya yang oily banget di akar dan kering di ujung. 

    Jadi berdasarkan hasil pemakaian, saya menemukan beberapa hal yang saya suka dan saya kurang suka.

     Azalea Shampo Pros:
    - Tidak Bikin Lepek
    - sensasi mentholnya enak, nggak terlalu pedes tapi tetep seger
    - Wanginya segar
    - Isi kemasannya full
    - Rambut tetap lembut meskipun tanpa conditioner
    - harganya murah

    Azalea Shampoo Cons:
    - masih mengandung SLS, paraben & dimethiconol

    Azalea Hair Hijab and Body Mist Pros:
    - wanginya subtle
    - kemasannya mudah dibawa-bawa karena tidak terlalu besar
    - packagingnya bagus  
    - all in one, bisa buat badan juga
    - harganya murah

    Azalea Hair Hijab and Body Mist Cons
    - mengandung alkohol sehingga kalo langsung disemprot ke rambut jadi kering :(

    Kalau menurut saya untuk harga semurah itu, produk-produk azalea ini worth it untuk dicoba, terutama bagi teman-teman yang menggunakan hijab. Saya sendiri tidak punya masalah berarti dalam penggunaan produk-produk dari Azalea. 

    Apakah saya akan repurchase kedepannya? Most Likely, Yes. Sekarang saya memang lagi pengen mengurangi penggunaan produk-produk dengan SLS, Paraben dan Dimethicone, tapi saya juga paham bahwa ketiga ingredients ini adalah ingredients yang umum dipakai khususnya pada shampoo dan produk-produk hair care. Dan dengan price point IDR 19-25 ribu, menurut saya Azalea ini sangat affordable dan cocok untuk kulit kepala saya. 

    Jadi begitulah pengalaman yang saya rasakan selama menggunakan Shampoo Azalea dan Azalea Hair, Hijab and Body Mist. Kalau kalian tertarik untuk mengepoin produk-produk Azalea lebih lanjut, kalian bisa cek link dibawah ini:

    Azalea Inspired by Natur

    . Friday, December 7, 2018 .

    19 comments

    1. Ohh cocok juga untuk rambut bergelombang ya Gy? Bagus memang hasilnya

      ReplyDelete
    2. Wah... Ulasannya keren banget... Sukaa... 😍😍

      ReplyDelete
    3. Terimakasih sister, ulasannya lengkap sekali!
      Kebetulan rambutku juga gampang lepek apalagi kalau habis makan ayam geprek cabe 7 pakai sepeda motor hmmmm ~
      tapi kalo ngga online, dimana ya bisa beli produk ini?

      Love,
      deniathly

      ReplyDelete
    4. Aku juga udah coba kak. Rambutku sekarang anti lepek

      ReplyDelete
    5. Wavy hair, saya suka wavy hair. Semacam merasa kaya barbie, kan rambutnya wavy juga ya?

      Mantap azalea ya, bisa utk segala jenis rambut.

      ReplyDelete
    6. Aku suka banget sama hair and body mistnya hehe

      ReplyDelete
    7. Nahhh, benerrr banget, bisa dipake untuk segala macam tipe rambut, meskipun tak berhijab tetep bisa pake juga:)

      ReplyDelete
    8. Sungguh keren reviewnyaaaaa. Ah! Makasih banyak, Kak. Sebagai perempuan berambut lurus dan berhijab, akhirnya saya tahu masalah perempuan berambut gelombang~ Mihihihi. (Hapsari).

      ReplyDelete
    9. Mantab reviewnya :)
      SLS sebagai surfaktan di produk perawatan tubuh/rambut memang banyak bgt dipakai ya mbak juga paraben sbg pengawet shampoo. Semoga nanti Azalea bisa paraben free shampoo ya
      Terimakasih sharingnya

      ReplyDelete
    10. Aku juga ngerasa kok lebih cepet kering rambutnya pas pake shampoo ini ya. Ternyata memang defaultnya begitu yak? Lumayan lah gak usah ngeluarin Hair dryer klo gak buru buru amat

      ReplyDelete
    11. Suami dan anak-anakku jadi ikutan pakai Azalea karena wanginya lembut, gak tajam.Hehe...

      ReplyDelete
    12. Wahhh mantul kali shampo Azalea ini terimakasih kak informasinya

      ReplyDelete
    13. Aku juga lagi rutin pakai Azalea, Mbak

      ReplyDelete
    14. Shampoonya kualitas bagus body mistnya juga okey sukak deh wanginyasegar gitu

      ReplyDelete
    15. Fixxxx! Saya uda bye sama ketombe sejak pake azalea

      ReplyDelete
    16. Serius sepaket cuma 25rb?wah hepi bamget nii. .Irit abiss

      ReplyDelete
    17. Akuuu baru tauuu kl Azalea ini dari Natur, secara samponya wangi. Pantess enaaaakk di rambut. Ketagihaaann!

      ReplyDelete

    popular posts

    IBX5B00F39DDBE69