Mau Tanya Tanya Soal Asuransi? #BrightAdvisor Jawabannya!

Siapa disini yang pengen tahu soal asuransi tapi takut diprospek sama agen asuransi?? *kemudian saya pelan-pelan mengangkat tangan sam...

insurance festival 2016


Siapa disini yang pengen tahu soal asuransi tapi takut diprospek sama agen asuransi?? *kemudian saya pelan-pelan mengangkat tangan sambil tengok-tengok takut diprospek* 

Jujur deh, saya sendiri paling males kalo sudah ada telfon dari tele-marketing asuransi atau agen asuransi yang getol 'mrospek' kita ala-ala MLM dengan janji-janji surgawinya, soalnya seringkali agen yang begitu di jidatnya ada tulisan syarat dan ketentuan berlaku tapi ngga mau ngaku.

Tapi, asuransi itu penting! Kenapa? karena saya sendiri yang bilang begitu, hahaha. Nggak deng, asuransi itu penting karena... baca sendiri artikelnya ya! *clickbait abis* 

Nah, kemarin akhirnya saya melipir sedikit ke Insurance Festival 2016 untuk mencari tahu asuransi apa sih yang pas untuk saya, dan ta~daaaa! sampailah saya ke booth Sunlife. Ternyata Sunlife punya program yang oke punya untuk kita-kita yang newbie di bidang perasuransian tapi pengen tanya-tanya hal yang simpel kriwel-kriwel kaya "apa sih premi itu?", "bayarnya sampe kapan?", "asuransi buat saya cocoknya yang seperti apa?" dan pertanya-pertanyaan ajaib lainnya. Namanya Brightadvisor.

Nah, apa sih Brightadvisor itu? Gimana sih cara pakainya Brightadvisor? Bayar gak sih? Penasaran? Yuk, simak cerita lengkap petualangan aku di Insurance Festival 2016!




(abaikan foto gorong-gorong pantura diatas, liat bannernya aja please)

Jadi, sebelumnya saya mau pengakuan dosa dulu. Hari itu cuacanya mendung banget, dan karena lokasinya di lapangan alun-alun kidul yang luasss banget, saya males bawa tripod untuk foto-foto. Akhirnya saya memanfaatkan pak suami untuk jepret-jepretin foto saya, dimana pak suami adalah makhluk ter-gagap-kamera sejagat raya. Jadilah hasil foto-foto saya.... yah let's say tidak seindah biasanya, apalagi kamera saya sudah uzur. (mungkin kalo ada yang mau sponsorin saya kamera baru apa kelas fotografi buat pak suami boleh sih--ngarep)


Nah, acara Insurance Festival 2016 ini diselenggarakan di Alun-alun kidul Yogyakarta. Bagi teman-teman yang dari luar Jogja, yang namanya alun-alun kidul ini luasssss banget. Bukti luasnya? Itu 8 Mini stages + 1 Stage utama aja muat--bahkan masih ada tempat untuk skateboard, bmx dan sisa lapangan yang sukses bikin saya dan pak suami pegel-pegel mengelilingi satu persatu booth yang ada. Ditambah cuaca yang syahdu dan hujan rintik-rintik, hari itu mengingatkan saya pada Woodstock Festival--cuma isinya asuransi, bukan musisi hahaha.




Nah rangkaian acara hari itu dimulai dengan karnaval pada siang hari, sayangnya karena hujan, si karnaval pun mundur teratur. Padahal saya sudah sampai tepat waktu khusus demi nonton si karnaval, huhuhu *kecele mode on*

Cuaca juga masih teteup mendung semendung-mendungnya, jadilah saya makin bete karena nggak bisa menghasilkan foto foto yang oke meskipun objeknya oke-oke semua. Akhirnya sambil nungguin rombongan karnaval yang belum juga datang sayapun ngemil tahu bulat.





PS: can you spot tukang tahu bulat?

Akhirnya sekitar jam 4, rombongan pawaii dan karnaval pun sampai di alun-alun kidul dari malioboro. Ramai banget suasananya, meskipun mendung dan teteup ujan, tapi yang pawai tetap semangat bahkan jalannya cepet banget sampai kamera saya yang renta ini tidak sanggup menangkap fotonya. 

Yang saya suka dari lokasi karnaval ini adalah banyaknya tukang makanan di sekitar kawasan alun-alun, jadi tukang makan orang yang kelaparan seperti saya bisa duduk-duduk nonton pawai sambil makan tahu bulat dan minum wedang ronde. Syahdu~ 



Nah akhirnya begitu pawai kelar dan semua orang menuju ke main stage buat dangdutan, saya pun memutuskan untuk melipir ke booth Sun Life Financial dan berfoto sama Sunson! Lho, siapa sih Sunson ini? 

Makhluk gemes ini adalah maskotnya Sun Life. Gemes banget kan ya bentuknya? Dari pas pawai berlangsung, Sunson sudah mencuri perhatian saya dengan kain luriknya yang Jogja banget. 



🙋: sunson, bisikin dong di booth sunlife ada apaan yang seru-seru?
🌞: sekarang Sun Life punya microsite baru lho mbak! Namanya Bright Advisor!
🙋: lho, apaan tuh Son???
🌞: Yuk ke booth Sun Life aja yuk!!



Narasumber saya hari itu: Mas Fabi dari Sun Life Financial.


Sampai di booth Sun Life, saya bertemu dengan Mas Fabi dari Sun Life Financial, yang menjelaskan ke saya pentingnya asuransi dan pentingnya menyiapkan masa depan dengan asuransi, apalagi untuk blogger & wirausaha seperti saya. 

Salah satu hal yang menempel di otak saya adalah cerita Mas Fabi soal generasi anak muda zaman sekarang. Anak muda zaman sekarang adalah "Generasi Sandwich", yang berarti anak muda zaman sekarang berada di tengah-tengah dua kepentingan dalam hidupnya. Kepentingan pertama adalah kepentingan si anak muda dengan kehidupannya, entah itu masa depannya, liburan, bikin start-up, dan lain sebagainya, sedangkan kepentingan kedua adalah mengurus keluarganya, orang tuanya, dan masa depan keluarganya. 

Mungkin, kalau seandainya kita hidup di zaman dulu dimana orang tua sudah 'menyiapkan' printilan dari rumah sampai investasi masa depan si anak, mungkin akan lain cerita. Tapi kalau dilihat, saat ini banyak juga kok orangtua yang menggantungkan hidupnya pada anak, sehingga anak juga harus bisa memfasilitasi orangtuanya sebaik mungkin dong? Padahal tuntutan kehidupan milenium yang serba mahal juga sudah menanti didepan mata. 

Nah, gak ada yang salah dengan generasi Sandwich. Yang salah adalah tidak menyiapkan masa depan dengan se-detail mungkin. Coba kalo kita pikir baik-baik, hari gini, mau nyiapin liburan aja mahal apalagi nyiapin kehidupan??


Nah disinilah peran asuransi muncul. Jadi produk asuransi yang ada sekarang nggak hanya sebatas asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau harta benda aja. Karena setiap orang punya kepentingan yang berbeda-beda, jadi isi asuransi tiap orang juga beda-beda. Misalnya aja, Rihanna mengasuransikan kakinya karena menurut dia, kakinya itu aset yang penting banget dan harus dirawat. Coba kalo saya ngasuransiin kaki saya? mungkin se-Indonesia bakal geger kenapa kaki kayak pohon pisang aja diasuransiin.

Nah sayangnya, menurut Mas Fabi, di Indonesia ini jumlah pelanggan asuransi itu baru 2% dari total masyarakat Indonesia, yang mana ternyata masih banyak teman-teman yang malu-malu bertanya soal asuransi atau bingung mau tanya kemana. Bener sih emang, semenjak saya nulis soal asuransi itu, ada aja yang nanya-nanya soal asuransi ke saya, dan terkadang, gak semua pertanyaan bisa saya jawab (dan kalo ada yang ngotot nanya paling saya suruh google aja, hahahaha)

Jadi, inti permasalahannya bukan "orang Indonesia ga sadar pentingnya asuransi" tapi lebih ke "orang Indonesia bingung mau tanya-tanya asuransi kemana" apalagi masalah asuransi ini kan masalah komitmen, bukan cuma sekedar bayar premi terus kelar, gituuuuu.

Nah oleh karena itu, Sun Life meluncurkan sebuah platform baru yang diberi nama Bright Advisor. Apa sih Bright Advisor itu? 


Kalo penjelasan singkatnya sih, Bright Advisor ini adalah sebuah platform dimana kita-kita yang ingin tahu lebih lanjut soal asuransi bisa melakukan konsultasi seputar APAPUN yang berhubungan dengan asuransi. Disini, kamu ngga perlu takut untuk diprospek oleh para agen-agen asuransi, karena fungsi dari platform ini adalah murni untuk tanya jawab seputar asuransi yang kamu butuhkan.

Kenapa saya bilang jangan takut? Karena walaupun Sun Life sebagai asuransi yang meluncurkan platform yang amazing ini, tapi Sun Life tidak menggunakan platform ini sebagai media jualan melainkan media untuk mengedukasi masyarakat mengenai asuransi supaya tidak ada salah paham soal asuransi.

Yang saya suka dari platform Brightadvisor ini adalah bentuknya: Microsite. Demam microsite ini begitu nyata ya saudara-saudara. Belakangan, saya sering melihat banyak brand yang membuat platform yang baru dalam bentuk Microsite, ternyata Sun Life ini salah satunya.

Kenapa Microsite? soalnya microsite lebih mudah dijangkau oleh siapapun. Kalau misalnya platform bright advisor ini dibuat dalam bentuk apps, tentunya akan lebih sulit bagi saudara-saudara kita yang berada di pelosok dan handphonenya belum memadai untuk menjalankan apps ini, misalnya. Kalau dengan microsite, kita bisa menjangkau siapapun dengan gadget apapun, dan bisa dijalankan dimanapun selama ada koneksi internet, begituuuu.

(Quick Trivia: Setelah diluncurkan beberapa bulan yang lalu, sampai dengan hari ini sudah lebih dari 1600 pertanyaan yang ditanyakan di Platform Brightadvisor ini lho! Banyak banget ya?)


Selain sebagai platform tempat newbie-newbie asuransi semacam saya ini nanya-nanya dan cari info seputar asuransi, ternyata Brightadvisor juga menyediakan Bright Calculator, yaitu kalkulator yang bisa kita pakai untuk melakukan Quick Financial Checkup untuk membuat Financial Planning lho! Keren banget kaaan?

Saya sempat nyobain fitur ini, ternyata lumayan juga, saya bisa mengetahui berapa banyak yang seharusnya saya alokasikan untuk kebutuhan pribadi saya:


PS: data diatas ngga 100% benar ya, saya cuma coba-coba ngitung aja. Pengeluaran saya nggak seheboh itu kok. Tapi ya bener sih, pengeluaran saya paling banyak di rumah tangga, asuransi dan investasi. 

Yang lebih kerennya lagi, semua fitur di Bright Advisor ini 100% Free!! Jadi, tujuan platform ini memang untuk mengedukasi masyarakat soal pentingnya asuransi dan financial planning. Kita tinggal login dan tanya-tanya aja, terus pertanyaan kita akan direspon paling lambat 2x24 jam, waktu yang menurut saya sangat singkat untuk platform sebesar ini. Oya, yang merespon adalah ahli ahli di bidang asuransi langsung lho! Jadi jangan khawatir, karena memang tiap jawaban di Bright Advisor ini personalized banget.



Nah karena bentuknya microsite, jadi Bright Advisor ini bisa diakses dimanapun dengan menggunakan gadget apapun. Jadi, bagi pemirsa sekalian yang laptopnya lagi diservis, gak usah khawatir karena kita tetap bisa membuka laman Bright Advisor ini lewat handphone, tablet, ipad dan lain-lain. 

Kalo dari segi user friendly, menurut saya platform Brightadvisor ini user friendly banget, terlihat dari penataan menu nya yang minimalis dan cara penggunaan yang straight to the point. Bahkan, sudah ada menu Frequently Asked Questions dan Pertanyaan Populer, sehingga orang yang males menyusun kata-kata macam saya ini bisa langsung baca-baca.



Nah, kapan lagi kan kita bisa konsultasi dengan penasihat keuangan pribadi secara gratis? Kapan lagi bisa nanya-nanya sepuasnya soal asuransi kepada agent-agent yang capable tanpa diprospek? Kapan lagiiiii??? Yuk mareeee cus kita login di bright advisor dan mulai tanya-tanya soal asuransi disana!



Bright Advisor from Sun Life Indonesia

You Might Also Like

20 comments

  1. waah, seru ya, dengan brightadvisor, jadi tau info asuransi tanpa takut diprospek, yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, bisa tanya tanya apapun seputar asuransi tanpa khawatir disuruh daftar ini itu <3 cus yuk dicoba mbak!

      Delete
  2. Dulu Orang kalau udah dengar asuransi taunya cuma nyetor duit tapi nggak tau efeknya apa. Dulu sempat mau jadi agen disalah satu asuransi ..capek banget..karena pada parno semua..:D ha ha ha..skrg kayaknya udah pada banyak yang ngerti manfaatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak dewi, saya termasuk yang rada-rada parno sama agen asuransi karena pernah ngerasain ditelfon sama telemarketer asuransi sampe 1 jam lebih & pernah juga temen (baca: mantan) yang udah lama ilang sekalinya ngajak ketemuan malah nerangin paketan asuransi dia panjang lebar. *emosi*

      kalo di eropa orang udah pada asuransi semua ya mbak? disini udah lumayan apalagi karena ada BPJS, orang jadi sadar punya asuransi sebenarnya enak...

      Delete
  3. seru ya acaranya, jadi inget waktu jaman kerja sering bgt ditelponin nawarin asuransi, padahal lg sibuk2nya. Ditolak dengerin eh ada yg ngambek marketingnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kalo saya main tutup, ngambekin saya juga percuma, kan kita nggak pacaran sama marketingnya hahaha

      Delete
  4. Saya mba Agi, paling males sama agen asuransi karena ribettt...Tapi karna ada temen deket yang jadi agen dan ngejelesinnya detail banget akhirnya aku join juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha menyerah karena teman ya mbaaak?
      saya sejauh ini belum menyerah karena nanti kalo saya nyerah sama yang satu yang lain menyerbu hihihi

      Delete
  5. Untunglah sudah dibikin dalam versi microsite ya, jadi bisa menjangkau saudara kita yg di pelosok jugak
    Btw sunsonnya unyuk banget buat diajak photbar

    ReplyDelete
    Replies
    1. emaanggg sunson itu super gemayzzzssshhh banget pengen tak uwel-uwel
      tapi kasian juga mas-mas didalemnya pasti gerah hahaha

      Delete
  6. SUka banget ada bright advisor ya, jadi yang awam terbantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaaak, bright advisor ini helpful banget buat teman-teman yang belum paham asuransi, kalo kita disuruh jawabin pertanyaannya satu satu kan capheque juga hihihi

      Delete
  7. Ehhh cieee... foto sama maskot Bright Advisor.... :D tapi emang situs brightadvisor bermanfaat bgt sih, aku dah prnah coba lho say :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ecieeee aku juga udah nyobain *gamau kalah ala ala anak TK*
      kapan lagi coba foto-foto sama maskot brightadvisor hihihi mumpung mumpung

      Delete
  8. kok jadi kangen nonton karnaval yaa haha
    emang asuransi perlu banget, terasa sih

    ReplyDelete
  9. jadii pak suami yang sibuk potopotoin agii yaaa hahaha
    jadi gaada foto berdua nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadiiii....nggak ada. HUAHAHAHA.
      pak suami mah gitu, disuruh potoin begitu aja diulang berapa puluh kali, kalo foto berdua disave buat di IG aja deh yang bisa dikontrol huahahaha

      Delete
  10. bener niih ga harus daftar hahaha..
    kadang2 suka males mau nanya2 jadinya klo akhirny digiring utk langsung daftar n ditembak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya emang makanya seneng banget pake bright advisor ini.
      nggak disuruh daftar kok, tapi ya kalo udah dijelasin soal sunlife ya lama-lama ketarik buat daftar juga dengan sendirinya *lemah mode on*

      Delete

I'm Part of:

Blogger Perempuanpostimage

Instagram Feeds