• about me
  • menu
  • categories
  • Agi Tiara Pranoto

    Agi Tiara Pranoto

    Seorang Blogger Indonesia yang berdomisili di Yogyakarta. Selain menulis, dia juga sangat hobi main PUBG Mobile. Cita-citanya adalah mendapatkan passive income sehingga tidak perlu bekerja di kantor, apa daya selama cita-cita itu belum tercapai, dia harus menikmati hari-harinya sebagai manajer sebuah penginapan syariah dan content manager sebuah clothing line

    Kenapa Saya Memilih Menginap di Hotel Bintang Lima?


    Oke disclaimer dulu, postingan ini tidak bermaksud menjadi ajang pamer kekayaan karena saya belum kaya . Kali ini saya mau berbagi perspektif baru, yaitu soal menginap di hotel bintang lima. Jeng jeng jeng jeng.

    Cerita dulu dikit yaaaaa.... Saya bukan traveller yang tangguh menghadapi segala kondisi cuaca dan drama-drama selama perjalanan, makanya saya jarang sekali posting soal kendala traveling karena buat saya traveling itu harusnya nyaman dan relaxing. Udah keluar duit buat traveling ya harusnya saya bisa mengalokasikan waktu untuk senang-senang.

    Ini bukan karena saya YOLO melainkan karena saya pelit. Jadi saya ngga mau udah keluar duit terus harus cape mikir ini itu. Saya anaknya ngga mau rugi banget. Pengennya kalo liburan ya adalah 1-2 hari bisa relaxing ngga mikir itinerary, ngga mikir kerjaan yang menunggu pas kita balik ke rumah dan yang jelas bisa me-time lebih banyak.

    Jadi akhirnya kalo saya mau liburan, saya bakal nabung sedikit lama dan sedikit lebih banyak supaya bisa mendapatkan akomodasi yang memang terbaik. Salah satunya adalah menabung untuk hotel bintang lima. 

    Untuk me-time ketika liburan ini hukumnya wajib buat saya. Semua itinerary saya akan selalu ada 1 spare hari untuk istirahat dan leyeh-leyeh di hotel. Kayanya soal #rebahangariskeras ini sudah saya bahas di postingan sebelumnya ya hihihi.

    Dan me-time di hotel berbintang itu asli surga duniawi banget. Makanya saya selalu bela-belain save more supaya bisa staycation!


    Jadi kenapa sih sesekali staycation di hotel berbintang itu perlu?

    1. Nuansa yang ditawarkan Hotel Berbintang itu Relaxing

    Menurut saya, ada satu perbedaan antara hotel berbintang khususnya bintang lima dan luxurious resort dengan hotel biasa. Ini bukan berarti saya mendiskreditkan hotel biasa ya, karena kan saya juga bekerja di hotel non-bintang. 

    Perbedaan utamanya itu ada pada nuansa yang ditawarkan. Coba perhatikan deh, kalau kalian masuk ke hotel bintang lima atau luxurious resort, meski hotel tersebut terletak di jalanan yang ramai dan sibuk sekalipun tapi begitu kalian masuk lobby maka kalian akan disambut dengan suasana yang tenang dan damai.

    Udah nggak ada tuh suara jalanan di luar kaya apa atau serame apa. Nuansanya tetap tenang, kalem, seakan-akan waktu itu otomatis berhenti begitu kalian masuk lobby hotel. 

    Ketenangan ini yang bikin saya mudah sekali beristirahat ketika menginap di hotel berbintang, karena ya memang kita juga membayar untuk mendapatkan ketenangan ini.

    Kecuali untuk urusan kerjaan, saya sangat nggak produktif jika lagi staycation di hotel bintang lima karena yaaaa... memang suasananya nggak didesign untuk bekerja hehehe.

    2. Higienitas Yang Terjamin

    Ini penting buat saya. 

    Sebagai duta jijikan 2019, saya paling bete kalo ngeliat sprei yang jorok atau kamar mandi yang jorok di hotel yang saya inapi. Kalo dirumah gapapalah ya karena kan yang tidur cuma saya, tapi kalo di hotel yang diinapi sejuta umat saya mah maunya apa-apa bersih.

    Selain kebersihan kamar (dan kamar mandi) yang terjaga, biasanya makanan yang disajikan juga lebih terjaga kebersihanya. Meskipun outdoor nih, saya hampir nggak pernah lihat serangga atau pest di hotel bintang lima. Buat yang perutnya super picky kaya saya ya soal hygiene ini jadinya penting sih. 


    3. Pelayanan Prima

    Pernah liat pegawai hotel bintang lima yang ngeselin? Jarang banget ya, karena salah satu selling point dari hotel berbintang adalah hospitality. Kalau sampai ada tamu yang tidak berkenan dengan perlakuan dari staff... woooo bisa panjang urusannya di management. Sebagai hotelier ya saya paham deh yang beginian. 

    Pelayanan yang diberikan juga nggak sekadar mengantarkan barang, tapi juga concierge harus bisa mengobrol dengan kita jika kita membuka obrolan. Pernah ngobrol sama concierge hotel? Saya sering kalo lagi bosen nunggu dijemput lol. Seru deh, mereka sangat sangat knowledgeable soal wilayah dan info seputar daerah di sekitar hotel. 

    Untuk penjemputan juga nggak kaleng-kaleng, biasanya hotel berbintang menawarkan antar jemput dari bandara/stasiun ke hotel dan sebaliknya DAN saya belom pernah dapet driver penjemput yang nggak ramah atau nyetir ugal-ugalan. Semua selalu nyetir santai, smooth dan on-time. 

    Kadang biaya antar jemput + tip driver ini jatohnya lebih murah (bahkan ada yang gratis) daripada kalo kita order transportasi umum, jadi pastikan kalian ngecek soal transportasi yang disediakan hotel. Lumayan menghemat hihihi.

    4. Nggak Perlu Makan Fancy di Luar

    Kalian kan udah tau kalo saya tim mager garis keras kan ya? 

    Nah saya doyan banget pesen room service kalo lagi nginep di hotel karena yaaa males aja mau jalan-jalan lagi buat cari makan kalo udah sampai hotel. 

    Kenapa room service? karena biasanya room service itu terdiri dari: western food, local culinary, comfort food, snack dan dessert. LENGKAP. Nggak perlu puyeng lagi mo mikir makan apa dan dimana, cukup buka menu room service. 

    Meski harga-harga makanan room service biasanya agak lebih mahal, tapi kenyamanan pesen makanan yang fancy dan tinggal dianter ke kamar itu juga mahal hihihi. Ini yang seringggg banget saya tekankan ke pak suami kalo lagi liburan berdua: BAHWA NGGAK HARUS DINNER ROMANTIS FANCY BERDUA, DINNER FANCY DIKAMAR SAMBIL NONTON TV IS THE DREAM. 

    Iya kami semager itu. 

    5. Fasilitas dari Hotel Berbintang Selalu Top Notch

    Kalian ada yang kalo liburan jadi gampang sakit? Itu saya banget. Saya sakit kalo berhenti kerja dan kebanyakan kerja. Wow amazing, aku bangga dengan konsistensi sistem imunku.

    Nah, hotel bintang lima selalu menawarkan fasilitas yang memadai untuk menjaga kesehatan tubuh saya mulai dari spa, gym, kolam renang, bahkan beberapa ada yang punya jogging track sendiri.

    Menjaga kesehatan pas liburan never been this fun for me! 

    Kan enak ya, bangun-bangun pagi-pagi tinggal turun lift ke gym atau ke kolam renang terus olahraga dikit sebelum beraktifitas dan siangan reserve spa session buat relaksasi. 

    Kalo Spa memang kadang harga yang ditawarkan bisa sangat pricey, tapi sekali lagi, fasilitas spa di hotel berbintang selalu the best! Kalo kalian lagi low on budget bisa kok memanfaatkan fasilitas gym dan kolam renang buat berolahraga. 

    Terus nggak cuma fasilitas gede-gede nih, fasilitas kecil-kecil kaya hair dryer, bathroom amenities, sandal hotel dll juga biasanya lebih menarik daripada hotel biasa. Kadang nih ya, saya suka menemukan amenities dari brand-brand terkemuka dan ada yang bisa dibawa pulang. jadi lumayan banget punya sabun bvlgari gratisan dari hotel hehehe.

    Cuma, dicermati juga ya, ada beberapa hotel yang bathroom amenitiesnya nggak bisa dibawa pulang. biasanya yang bisa dibawa pulang itu yang sekali pakai. Jangan malu-maluin dan bawa pulang handuk hotel, seprai, lampu dll gitu ya, pokoknya JANGAN!

    Tapi... Kan Mahal....

    Mari kita berbagi rahasia sebagai #sobatbudget. Saya udah pernah share ya cara saya mendapatkan hotel untuk staycation dengan harga terjangkau, paling gampang ya dengan berburu deal di traveloka hotel. Ini udah cara paling gampang, paling mudah, paling paling paling sejagat raya.

    Nah kalian tau nggak, bahwa kalian bisa menfilter star rating hotel supaya lebih mudah menemukan deal dan promo hotel bintang lima di traveloka?


    Jadi step pertama yang harus kalian lakukan jelas adalah login ke aplikasi traveloka,  terus klik hotel. Abis itu muncul kan menu search; masukan itinerary kalian ke kolom search seperti biasa, terus scroll dikit ke bawah maka akan ada menu filters: kalian klik dan pilih 5 ☆ di bagian star rating. 

    Udah tuh, keluar semua list hotel bintang limanya. 

    Kalau kalian males filter-filter, cukup search seperti biasa kemudian perhatikan di menu bagian atas, pilih menu luxury. Nanti bakal keluar list hotel-hotel yang menawarkan luxurious room. 

    Jadi gampang kan sebenernya? nggak seribet itu kan?

    Misal kalian mau cari Hotel di anyer nih, ya kalian tinggal search hotel di anyer terus filter berdasarkan star rating. Terus sort berdasarkan price atau filter berdasarkan fasilitas yang kalian inginkan. Jadi nggak perlu mahal-mahal sebenarnya, karena kalian juga bisa nyari promo-promo traveloka terus dipakai buat booking hotel yang kalian inginkan. 

    Jangan lupa rajin-rajin cari promo, soalnya sebenernya traveloka ini promonya banyak banget lho! Aku juga udah pernah share tipis-tipis soal tips mencari promo di traveloka. Silahkan dimanfaatkan ya tips-tipsnya!

    Jadi udah ada rencana me-time dimana? Jangan lupa Work Hard, Save Hard, Play Hard, Rest Hard!

    Oke disclaimer dulu, postingan ini tidak bermaksud menjadi ajang pamer kekayaan karena saya belum kaya . Kali ini saya mau berbagi perspektif baru, yaitu soal menginap di hotel bintang lima. Jeng jeng jeng jeng.

    Cerita dulu dikit yaaaaa.... Saya bukan traveller yang tangguh menghadapi segala kondisi cuaca dan drama-drama selama perjalanan, makanya saya jarang sekali posting soal kendala traveling karena buat saya traveling itu harusnya nyaman dan relaxing. Udah keluar duit buat traveling ya harusnya saya bisa mengalokasikan waktu untuk senang-senang.

    Ini bukan karena saya YOLO melainkan karena saya pelit. Jadi saya ngga mau udah keluar duit terus harus cape mikir ini itu. Saya anaknya ngga mau rugi banget. Pengennya kalo liburan ya adalah 1-2 hari bisa relaxing ngga mikir itinerary, ngga mikir kerjaan yang menunggu pas kita balik ke rumah dan yang jelas bisa me-time lebih banyak.

    Jadi akhirnya kalo saya mau liburan, saya bakal nabung sedikit lama dan sedikit lebih banyak supaya bisa mendapatkan akomodasi yang memang terbaik. Salah satunya adalah menabung untuk hotel bintang lima. 

    Untuk me-time ketika liburan ini hukumnya wajib buat saya. Semua itinerary saya akan selalu ada 1 spare hari untuk istirahat dan leyeh-leyeh di hotel. Kayanya soal #rebahangariskeras ini sudah saya bahas di postingan sebelumnya ya hihihi.

    Dan me-time di hotel berbintang itu asli surga duniawi banget. Makanya saya selalu bela-belain save more supaya bisa staycation!


    Jadi kenapa sih sesekali staycation di hotel berbintang itu perlu?

    1. Nuansa yang ditawarkan Hotel Berbintang itu Relaxing

    Menurut saya, ada satu perbedaan antara hotel berbintang khususnya bintang lima dan luxurious resort dengan hotel biasa. Ini bukan berarti saya mendiskreditkan hotel biasa ya, karena kan saya juga bekerja di hotel non-bintang. 

    Perbedaan utamanya itu ada pada nuansa yang ditawarkan. Coba perhatikan deh, kalau kalian masuk ke hotel bintang lima atau luxurious resort, meski hotel tersebut terletak di jalanan yang ramai dan sibuk sekalipun tapi begitu kalian masuk lobby maka kalian akan disambut dengan suasana yang tenang dan damai.

    Udah nggak ada tuh suara jalanan di luar kaya apa atau serame apa. Nuansanya tetap tenang, kalem, seakan-akan waktu itu otomatis berhenti begitu kalian masuk lobby hotel. 

    Ketenangan ini yang bikin saya mudah sekali beristirahat ketika menginap di hotel berbintang, karena ya memang kita juga membayar untuk mendapatkan ketenangan ini.

    Kecuali untuk urusan kerjaan, saya sangat nggak produktif jika lagi staycation di hotel bintang lima karena yaaaa... memang suasananya nggak didesign untuk bekerja hehehe.

    2. Higienitas Yang Terjamin

    Ini penting buat saya. 

    Sebagai duta jijikan 2019, saya paling bete kalo ngeliat sprei yang jorok atau kamar mandi yang jorok di hotel yang saya inapi. Kalo dirumah gapapalah ya karena kan yang tidur cuma saya, tapi kalo di hotel yang diinapi sejuta umat saya mah maunya apa-apa bersih.

    Selain kebersihan kamar (dan kamar mandi) yang terjaga, biasanya makanan yang disajikan juga lebih terjaga kebersihanya. Meskipun outdoor nih, saya hampir nggak pernah lihat serangga atau pest di hotel bintang lima. Buat yang perutnya super picky kaya saya ya soal hygiene ini jadinya penting sih. 


    3. Pelayanan Prima

    Pernah liat pegawai hotel bintang lima yang ngeselin? Jarang banget ya, karena salah satu selling point dari hotel berbintang adalah hospitality. Kalau sampai ada tamu yang tidak berkenan dengan perlakuan dari staff... woooo bisa panjang urusannya di management. Sebagai hotelier ya saya paham deh yang beginian. 

    Pelayanan yang diberikan juga nggak sekadar mengantarkan barang, tapi juga concierge harus bisa mengobrol dengan kita jika kita membuka obrolan. Pernah ngobrol sama concierge hotel? Saya sering kalo lagi bosen nunggu dijemput lol. Seru deh, mereka sangat sangat knowledgeable soal wilayah dan info seputar daerah di sekitar hotel. 

    Untuk penjemputan juga nggak kaleng-kaleng, biasanya hotel berbintang menawarkan antar jemput dari bandara/stasiun ke hotel dan sebaliknya DAN saya belom pernah dapet driver penjemput yang nggak ramah atau nyetir ugal-ugalan. Semua selalu nyetir santai, smooth dan on-time. 

    Kadang biaya antar jemput + tip driver ini jatohnya lebih murah (bahkan ada yang gratis) daripada kalo kita order transportasi umum, jadi pastikan kalian ngecek soal transportasi yang disediakan hotel. Lumayan menghemat hihihi.

    4. Nggak Perlu Makan Fancy di Luar

    Kalian kan udah tau kalo saya tim mager garis keras kan ya? 

    Nah saya doyan banget pesen room service kalo lagi nginep di hotel karena yaaa males aja mau jalan-jalan lagi buat cari makan kalo udah sampai hotel. 

    Kenapa room service? karena biasanya room service itu terdiri dari: western food, local culinary, comfort food, snack dan dessert. LENGKAP. Nggak perlu puyeng lagi mo mikir makan apa dan dimana, cukup buka menu room service. 

    Meski harga-harga makanan room service biasanya agak lebih mahal, tapi kenyamanan pesen makanan yang fancy dan tinggal dianter ke kamar itu juga mahal hihihi. Ini yang seringggg banget saya tekankan ke pak suami kalo lagi liburan berdua: BAHWA NGGAK HARUS DINNER ROMANTIS FANCY BERDUA, DINNER FANCY DIKAMAR SAMBIL NONTON TV IS THE DREAM. 

    Iya kami semager itu. 

    5. Fasilitas dari Hotel Berbintang Selalu Top Notch

    Kalian ada yang kalo liburan jadi gampang sakit? Itu saya banget. Saya sakit kalo berhenti kerja dan kebanyakan kerja. Wow amazing, aku bangga dengan konsistensi sistem imunku.

    Nah, hotel bintang lima selalu menawarkan fasilitas yang memadai untuk menjaga kesehatan tubuh saya mulai dari spa, gym, kolam renang, bahkan beberapa ada yang punya jogging track sendiri.

    Menjaga kesehatan pas liburan never been this fun for me! 

    Kan enak ya, bangun-bangun pagi-pagi tinggal turun lift ke gym atau ke kolam renang terus olahraga dikit sebelum beraktifitas dan siangan reserve spa session buat relaksasi. 

    Kalo Spa memang kadang harga yang ditawarkan bisa sangat pricey, tapi sekali lagi, fasilitas spa di hotel berbintang selalu the best! Kalo kalian lagi low on budget bisa kok memanfaatkan fasilitas gym dan kolam renang buat berolahraga. 

    Terus nggak cuma fasilitas gede-gede nih, fasilitas kecil-kecil kaya hair dryer, bathroom amenities, sandal hotel dll juga biasanya lebih menarik daripada hotel biasa. Kadang nih ya, saya suka menemukan amenities dari brand-brand terkemuka dan ada yang bisa dibawa pulang. jadi lumayan banget punya sabun bvlgari gratisan dari hotel hehehe.

    Cuma, dicermati juga ya, ada beberapa hotel yang bathroom amenitiesnya nggak bisa dibawa pulang. biasanya yang bisa dibawa pulang itu yang sekali pakai. Jangan malu-maluin dan bawa pulang handuk hotel, seprai, lampu dll gitu ya, pokoknya JANGAN!

    Tapi... Kan Mahal....

    Mari kita berbagi rahasia sebagai #sobatbudget. Saya udah pernah share ya cara saya mendapatkan hotel untuk staycation dengan harga terjangkau, paling gampang ya dengan berburu deal di traveloka hotel. Ini udah cara paling gampang, paling mudah, paling paling paling sejagat raya.

    Nah kalian tau nggak, bahwa kalian bisa menfilter star rating hotel supaya lebih mudah menemukan deal dan promo hotel bintang lima di traveloka?


    Jadi step pertama yang harus kalian lakukan jelas adalah login ke aplikasi traveloka,  terus klik hotel. Abis itu muncul kan menu search; masukan itinerary kalian ke kolom search seperti biasa, terus scroll dikit ke bawah maka akan ada menu filters: kalian klik dan pilih 5 ☆ di bagian star rating. 

    Udah tuh, keluar semua list hotel bintang limanya. 

    Kalau kalian males filter-filter, cukup search seperti biasa kemudian perhatikan di menu bagian atas, pilih menu luxury. Nanti bakal keluar list hotel-hotel yang menawarkan luxurious room. 

    Jadi gampang kan sebenernya? nggak seribet itu kan?

    Misal kalian mau cari Hotel di anyer nih, ya kalian tinggal search hotel di anyer terus filter berdasarkan star rating. Terus sort berdasarkan price atau filter berdasarkan fasilitas yang kalian inginkan. Jadi nggak perlu mahal-mahal sebenarnya, karena kalian juga bisa nyari promo-promo traveloka terus dipakai buat booking hotel yang kalian inginkan. 

    Jangan lupa rajin-rajin cari promo, soalnya sebenernya traveloka ini promonya banyak banget lho! Aku juga udah pernah share tipis-tipis soal tips mencari promo di traveloka. Silahkan dimanfaatkan ya tips-tipsnya!

    Jadi udah ada rencana me-time dimana? Jangan lupa Work Hard, Save Hard, Play Hard, Rest Hard!
    . Selasa, 15 Oktober 2019 .

    2 komentar

    1. Sayaaa belom pernah ke hotel bintang limaaa, mentoknya di bintang 4 apa ya :D

      BalasHapus
    2. Asli, nginep hotel bintang 5 emang beda banget rasanya haha...

      BalasHapus

    popular posts

    IBX5B00F39DDBE69