• about me
  • menu
  • categories
  • Agi Tiara Pranoto

    Agi Tiara Pranoto

    Seorang Blogger Indonesia yang berdomisili di Yogyakarta. Selain menulis, dia juga sangat hobi main PUBG Mobile. Cita-citanya adalah mendapatkan passive income sehingga tidak perlu bekerja di kantor, apa daya selama cita-cita itu belum tercapai, dia harus menikmati hari-harinya sebagai manajer sebuah penginapan syariah dan content manager sebuah clothing line

    Belanja Online dari Marketplace Luar Negeri Tanpa Credit Card? TitipBeliin Aja!



    Siapa disini yang pengabdi belanja online? Sejujurnya nih kalau kalian nanya barang-barang lucu-lucu anti mainstream dan murmer yang saya punya, jawabannya adalah saya beli Online, tapi bukan dari marketplace Indonesia hehehe

    Biasanya saya langganan di beberapa marketplace China dan US seperti Amazon, Etsy, AliExpress dan Taobao.

    Sebenernya beberapa barang yang saya biasa beli di marketplace tersebut sudah ada yang jual di Indonesia, tapi harganya bisa berkali-kali lipat dan sebagai sobat misqueen budget, mau nggak mau saya harus cari deal yang lebih murah meriah.

    Dulu andalan saya sih titip sama sodara yang tinggal di luar negeri; tapi rasanya kan males banget lama-lama harus nunggu-nunggu mereka beliin terus kirim kesini. Pengennya mah langsung aja dikirim ke Indonesia kan ya? Apalagi kadang mereka ada free shipping juga ke Indonesia.

    Nah kendala lainnya dari belanja online luar negeri adalah pembayaran. Beda dengan marketplace Indonesia yang kita tinggal bayar dengan transfer, pulsa bahkan e-wallet, kalo di luar negeri rata-rata pembelanjaan membutuhkan paypal atau kartu kredit yang mana sekali lagi sebagai sobat budget tentunya saya nggak punya.

    Punya sih paypal, tapi kadang tuh suka ribet dispute-dispute nggak jelas, harus verifikasi ini itu dari paypalnya dan jujur saya sih males banget top-up paypal karena kurs dollar yang naik turun nggak keru-keruan.

    Belum lagi kalau belanja di marketplace china misalnya belanja di Alibaba yang sistemnya bulk order, tentu lebih ribet lagi karena harus banget memilah milih manufacturer dan seller yang tepat. Ini sering kalau misalnya saya butuh sparepart yang langka di Indonesia.

    Udah tahu kan kalo di China pembayaran rata-rata menggunakan aplikasi wecash? Nah e-wallet yang satu ini belom masuk ke Indonesia, jadi lah ya saya pusingnya dua kali. Harus ready belanja pake paypal dan pake wecash juga.

    Ya sebenernya pengen banget sih kalo sampe ada cabang dari marketplace-marketplace tersebut di indonesia misalnya aja amazon indonesia gitu biar saya bisa beli gadget-gadget ajaib yang dijual di Amazon misalnya. Tapi mengingat startup startup marketplace di Indonesia udah banyak banget kayanya keinginan saya yang satu ini masih bakal lama tercapainya. Toh mereka juga udah ship barangnya ke Indonesia juga kan ya???

    Di Luar Negeri Belanja Online Apa Aja?



    Banyak yang nanya kalo belanja online di marketplace luar negeri itu belinya apa aja. Apa sih yang ada di marketplace luar negeri yang nggak ada di marketplace Indonesia?

    Jawabannya... banyak!

    Kalau kalian ngikutin duckofyork dari jaman baheula pasti udah ngerti kalo saya terobsesi banget sama barang-barang vintage berbau mid-century dan itu di Indonesia nyarinya susah. Sementara kalo kamu belanja di ebay misalnya, bertebaran banget deh barang-barang sejenis.

    Kalo soal printilan-printilan kecil-kecil atau gadget rumah tangga misalnya; saya selalu mengandalkan belanja di aliexpress. Untuk lampu-lampu dekorasi dan gadget-gadget praktis asal negeri bambu, ali express menawarkan pilihan harga yang beragam dengan variasi yang lumayan banyak.

    Nah untuk baju-baju yang lucu-lucu dan tebal-tebal saya seringkali belanja baju import di taobao, karena harganya yang murah dan designnya yang lucu-lucu. Untuk baju renang, perlengkapan cosplay dan semacamnya saya juga sering sekali belanja di taobao karena harganya yang lebih terjangkau ketimbang marketplace sejenis. 

    Buat kamu yang suka hypebeast misalnya, bisa juga belanja banyak kaos dan barang-barang hypebeast di toko online ebay, co amazon dan sejenisnya karena kebanyakan reseller barang-barang hypebeast menjual barang-barangnya disini. 


    Bingung Bayar Belanjaan Online Kamu? Titip Beliin Aja!

    Belanja Dari Luar Negeri Tanpa Menggunakan Kartu Kredit Dengan Menggunakan Jastip TitipBeliin


    Seperti yang tadi sudah saya bilang, kebanyakan online marketplace luar negeri mengandalkan penggunaan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Ini karena kartu kredit adalah hal yang biasa aja di US. Agak beda sama di Indonesia yang apply kartu kredit ditolak mulu karena "gajinya tidak tetap" *curhat*

    Ada juga yang menggunakan Virtual Credit Card atau VCC tapi menurut saya metode ini nggak aman, karena ada juga VCC yang merupakan hasil carding dari kartu kredit orang lain. Ini yang bikin kartu kredit Indonesia di blacklist dan susah buat belanja di marketplace luar negeri.

    Nah, salah satu solusi yang sering saya gunakan dalam bertransaksi di online marketplace yang ada di luar negeri adalah menggunakan jastip. Ini biasanya temen-temen yang sering belanja online udah ngertilah ya apa itu jastip, tapi disini saya jelasin sedikit buat temen-temen yang belum familiar dengan penggunaan jastip.

    Jastip itu jasa titip gengs, jadi kita nitip beliin suatu barang ke orang lain yang bisa beliin, nanti kita bayar sesuai harga barang tersebut + uang jasanya. Semacam personal shopper gitu lah intinya.

    Nah kalo dulu kan jastip itu biasanya untuk titip oleh-oleh atau barang-barang yang ada toko fisiknya aja, kalo sekarang udah ada lho startup untuk nitip belanjaan online dari luar negeri yang kamu pesan. Jadi kamu ngga usah susah-susah mikirin pembayaran belanjaan kamu. Namanya TitipBeliin.com

    Apa itu TitipBeliin?

    Jadi Titipbeliin adalah sebuah startup di bidang jastip alias jasa titip. Yang membedakan titipbeliin dengan startup-startup sejenis adalah titipbeliin berfokus pada titip beli barang-barang yang dijual di marketplace dan online shop luar negeri.

    Walaupun begitu pas saya kepo-kepo di menunya sepertinya dikemudian hari bakal ada jasa titip kirim kirim barang dari luar negeri juga hehehe.

    Nah titipbeliin.com ini itungannya nggak nanggung-nanggung lho kalo ngasih jasa. Kalo biasanya cuma jasa nitip bayarin aja, titipbeliin ini itungannya ngurusin semuanya bahkan sampe pajak barang juga udah diitungin juga, jadi kita tinggal nunggu barang nyampe rumah aja gitu.

    Belanja pake TitipBeliin

    Jadi titipbeliin ini simpel banget sistemnya. Kamu tinggal masukin url barang yang kamu inginkan, nanti si titipbeliin bakal ngasi form yang bisa kamu isi mulai dari nama barang, harga barang dan alamat tujuan.



    gampang banget kan step by stepnya? Nah yang perlu kalian perhatikan adalah jangan sampe salah URL dan salah masukin harga. soalnya itu krusial banget di penghitungan harganya. Oh ya, juga jangan sampai salah dalam membeli barang karena kalau kalian sudah titip otomatis transaksi nggak bisa di cancel lagi.

    Untuk metode pembayarannya, nanti kalian bisa transfer antar bank atau menggunakan kartu debit atau kartu kredit visa/mastercard. Nggak bisa transfer atau ngga punya kartu debit/kredit? kalian bisa juga membayar melalui alfamart.

    Gampang banget kan?

    Tips Belanja di Jastip TitipBeliin

    Nah ini dia bagian tips-tips belanja kedoyanan kalian (yha pasti kalian kesini nyari tips belanja lagi kan? saya sih udah paham)

    yang pertama dan utama adalah: selalu riset barang yang pengen kalian beli terlebih dahulu. Misalnya aja kaya saya, mau beli vinyl (yang mana kalo masuk ke indonesia harganya bisa sama kaya ponsel low end, aku ingin menangis), nah cari dulu online store luar negeri yang recommended, kemudian bandingin harganya.

    Untuk produk digital, gadget, musik saya sangat menyarankan belanja di amazon karena jatohnya murah banget.
    Untuk produk produk baju dan fashion saya menyarankan belanja di taobao
    Kalo kedoyanan belanja dengan coupon murah meriah, saya sarankan coba browsing-browsing rakuten

    Kalau udah nemu mau beli dimana, pastiin barang yang akan kalian beli sesuai dengan kebutuhan kalian. Kenapa? karena kalau sampe salah beli atau mau klaim garansi bakal susah banget mengingat kalian beli barangnya di luar negeri. Susah kan buat kirim balik ke luar negeri? 

    Ya intinya riset dulu lah sebelum membeli.

    Yang kedua, pastikan barang yang kalian beli udah bener ya. Meskipun nggak ada shipping ke Indonesia, tapi TitipBeliin punya warehouse di USA dan China sehingga kalian ndak perlu khawatir barangnya nggak bakal nyampe. 

    Yang ketiga, SABAR. 

    Meskipun semua udah diurusin sama TitipBeliin, tapi kan namanya pengiriman dari luar negeri pasti butuh waktu yang lebih ekstra dong. Ngga mungkin secepet online shop dalam negeri. Jadi, kalian harus sabar dan jangan beli barang yang emang butuh cepet. Untuk pengiriman dari online shop dari china memakan waktu 5-10 hari dan yang dari US makan waktu 10-15 hari ya

    BTW buat kalian yang bingung mau nyari barang di marketplace mana, titipbeliin punya database produk dari berbagai online shop dan marketplace online. Cukup klik menu produk rekomendasi dan cari produk yang kalian inginkan.

    Kalau kalian masih bingung dan pengen tau lebih lanjut soal titipbeliin, bisa banget cek video youtube dibawah ini



    Jadi disini siapa yang hobi jastipan juga seperti saya? Ayo cerita pengalaman kalian di kolom komentar dibawah?


    Siapa disini yang pengabdi belanja online? Sejujurnya nih kalau kalian nanya barang-barang lucu-lucu anti mainstream dan murmer yang saya punya, jawabannya adalah saya beli Online, tapi bukan dari marketplace Indonesia hehehe

    Biasanya saya langganan di beberapa marketplace China dan US seperti Amazon, Etsy, AliExpress dan Taobao.

    Sebenernya beberapa barang yang saya biasa beli di marketplace tersebut sudah ada yang jual di Indonesia, tapi harganya bisa berkali-kali lipat dan sebagai sobat misqueen budget, mau nggak mau saya harus cari deal yang lebih murah meriah.

    Dulu andalan saya sih titip sama sodara yang tinggal di luar negeri; tapi rasanya kan males banget lama-lama harus nunggu-nunggu mereka beliin terus kirim kesini. Pengennya mah langsung aja dikirim ke Indonesia kan ya? Apalagi kadang mereka ada free shipping juga ke Indonesia.

    Nah kendala lainnya dari belanja online luar negeri adalah pembayaran. Beda dengan marketplace Indonesia yang kita tinggal bayar dengan transfer, pulsa bahkan e-wallet, kalo di luar negeri rata-rata pembelanjaan membutuhkan paypal atau kartu kredit yang mana sekali lagi sebagai sobat budget tentunya saya nggak punya.

    Punya sih paypal, tapi kadang tuh suka ribet dispute-dispute nggak jelas, harus verifikasi ini itu dari paypalnya dan jujur saya sih males banget top-up paypal karena kurs dollar yang naik turun nggak keru-keruan.

    Belum lagi kalau belanja di marketplace china misalnya belanja di Alibaba yang sistemnya bulk order, tentu lebih ribet lagi karena harus banget memilah milih manufacturer dan seller yang tepat. Ini sering kalau misalnya saya butuh sparepart yang langka di Indonesia.

    Udah tahu kan kalo di China pembayaran rata-rata menggunakan aplikasi wecash? Nah e-wallet yang satu ini belom masuk ke Indonesia, jadi lah ya saya pusingnya dua kali. Harus ready belanja pake paypal dan pake wecash juga.

    Ya sebenernya pengen banget sih kalo sampe ada cabang dari marketplace-marketplace tersebut di indonesia misalnya aja amazon indonesia gitu biar saya bisa beli gadget-gadget ajaib yang dijual di Amazon misalnya. Tapi mengingat startup startup marketplace di Indonesia udah banyak banget kayanya keinginan saya yang satu ini masih bakal lama tercapainya. Toh mereka juga udah ship barangnya ke Indonesia juga kan ya???

    Di Luar Negeri Belanja Online Apa Aja?



    Banyak yang nanya kalo belanja online di marketplace luar negeri itu belinya apa aja. Apa sih yang ada di marketplace luar negeri yang nggak ada di marketplace Indonesia?

    Jawabannya... banyak!

    Kalau kalian ngikutin duckofyork dari jaman baheula pasti udah ngerti kalo saya terobsesi banget sama barang-barang vintage berbau mid-century dan itu di Indonesia nyarinya susah. Sementara kalo kamu belanja di ebay misalnya, bertebaran banget deh barang-barang sejenis.

    Kalo soal printilan-printilan kecil-kecil atau gadget rumah tangga misalnya; saya selalu mengandalkan belanja di aliexpress. Untuk lampu-lampu dekorasi dan gadget-gadget praktis asal negeri bambu, ali express menawarkan pilihan harga yang beragam dengan variasi yang lumayan banyak.

    Nah untuk baju-baju yang lucu-lucu dan tebal-tebal saya seringkali belanja baju import di taobao, karena harganya yang murah dan designnya yang lucu-lucu. Untuk baju renang, perlengkapan cosplay dan semacamnya saya juga sering sekali belanja di taobao karena harganya yang lebih terjangkau ketimbang marketplace sejenis. 

    Buat kamu yang suka hypebeast misalnya, bisa juga belanja banyak kaos dan barang-barang hypebeast di toko online ebay, co amazon dan sejenisnya karena kebanyakan reseller barang-barang hypebeast menjual barang-barangnya disini. 


    Bingung Bayar Belanjaan Online Kamu? Titip Beliin Aja!

    Belanja Dari Luar Negeri Tanpa Menggunakan Kartu Kredit Dengan Menggunakan Jastip TitipBeliin


    Seperti yang tadi sudah saya bilang, kebanyakan online marketplace luar negeri mengandalkan penggunaan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Ini karena kartu kredit adalah hal yang biasa aja di US. Agak beda sama di Indonesia yang apply kartu kredit ditolak mulu karena "gajinya tidak tetap" *curhat*

    Ada juga yang menggunakan Virtual Credit Card atau VCC tapi menurut saya metode ini nggak aman, karena ada juga VCC yang merupakan hasil carding dari kartu kredit orang lain. Ini yang bikin kartu kredit Indonesia di blacklist dan susah buat belanja di marketplace luar negeri.

    Nah, salah satu solusi yang sering saya gunakan dalam bertransaksi di online marketplace yang ada di luar negeri adalah menggunakan jastip. Ini biasanya temen-temen yang sering belanja online udah ngertilah ya apa itu jastip, tapi disini saya jelasin sedikit buat temen-temen yang belum familiar dengan penggunaan jastip.

    Jastip itu jasa titip gengs, jadi kita nitip beliin suatu barang ke orang lain yang bisa beliin, nanti kita bayar sesuai harga barang tersebut + uang jasanya. Semacam personal shopper gitu lah intinya.

    Nah kalo dulu kan jastip itu biasanya untuk titip oleh-oleh atau barang-barang yang ada toko fisiknya aja, kalo sekarang udah ada lho startup untuk nitip belanjaan online dari luar negeri yang kamu pesan. Jadi kamu ngga usah susah-susah mikirin pembayaran belanjaan kamu. Namanya TitipBeliin.com

    Apa itu TitipBeliin?

    Jadi Titipbeliin adalah sebuah startup di bidang jastip alias jasa titip. Yang membedakan titipbeliin dengan startup-startup sejenis adalah titipbeliin berfokus pada titip beli barang-barang yang dijual di marketplace dan online shop luar negeri.

    Walaupun begitu pas saya kepo-kepo di menunya sepertinya dikemudian hari bakal ada jasa titip kirim kirim barang dari luar negeri juga hehehe.

    Nah titipbeliin.com ini itungannya nggak nanggung-nanggung lho kalo ngasih jasa. Kalo biasanya cuma jasa nitip bayarin aja, titipbeliin ini itungannya ngurusin semuanya bahkan sampe pajak barang juga udah diitungin juga, jadi kita tinggal nunggu barang nyampe rumah aja gitu.

    Belanja pake TitipBeliin

    Jadi titipbeliin ini simpel banget sistemnya. Kamu tinggal masukin url barang yang kamu inginkan, nanti si titipbeliin bakal ngasi form yang bisa kamu isi mulai dari nama barang, harga barang dan alamat tujuan.



    gampang banget kan step by stepnya? Nah yang perlu kalian perhatikan adalah jangan sampe salah URL dan salah masukin harga. soalnya itu krusial banget di penghitungan harganya. Oh ya, juga jangan sampai salah dalam membeli barang karena kalau kalian sudah titip otomatis transaksi nggak bisa di cancel lagi.

    Untuk metode pembayarannya, nanti kalian bisa transfer antar bank atau menggunakan kartu debit atau kartu kredit visa/mastercard. Nggak bisa transfer atau ngga punya kartu debit/kredit? kalian bisa juga membayar melalui alfamart.

    Gampang banget kan?

    Tips Belanja di Jastip TitipBeliin

    Nah ini dia bagian tips-tips belanja kedoyanan kalian (yha pasti kalian kesini nyari tips belanja lagi kan? saya sih udah paham)

    yang pertama dan utama adalah: selalu riset barang yang pengen kalian beli terlebih dahulu. Misalnya aja kaya saya, mau beli vinyl (yang mana kalo masuk ke indonesia harganya bisa sama kaya ponsel low end, aku ingin menangis), nah cari dulu online store luar negeri yang recommended, kemudian bandingin harganya.

    Untuk produk digital, gadget, musik saya sangat menyarankan belanja di amazon karena jatohnya murah banget.
    Untuk produk produk baju dan fashion saya menyarankan belanja di taobao
    Kalo kedoyanan belanja dengan coupon murah meriah, saya sarankan coba browsing-browsing rakuten

    Kalau udah nemu mau beli dimana, pastiin barang yang akan kalian beli sesuai dengan kebutuhan kalian. Kenapa? karena kalau sampe salah beli atau mau klaim garansi bakal susah banget mengingat kalian beli barangnya di luar negeri. Susah kan buat kirim balik ke luar negeri? 

    Ya intinya riset dulu lah sebelum membeli.

    Yang kedua, pastikan barang yang kalian beli udah bener ya. Meskipun nggak ada shipping ke Indonesia, tapi TitipBeliin punya warehouse di USA dan China sehingga kalian ndak perlu khawatir barangnya nggak bakal nyampe. 

    Yang ketiga, SABAR. 

    Meskipun semua udah diurusin sama TitipBeliin, tapi kan namanya pengiriman dari luar negeri pasti butuh waktu yang lebih ekstra dong. Ngga mungkin secepet online shop dalam negeri. Jadi, kalian harus sabar dan jangan beli barang yang emang butuh cepet. Untuk pengiriman dari online shop dari china memakan waktu 5-10 hari dan yang dari US makan waktu 10-15 hari ya

    BTW buat kalian yang bingung mau nyari barang di marketplace mana, titipbeliin punya database produk dari berbagai online shop dan marketplace online. Cukup klik menu produk rekomendasi dan cari produk yang kalian inginkan.

    Kalau kalian masih bingung dan pengen tau lebih lanjut soal titipbeliin, bisa banget cek video youtube dibawah ini



    Jadi disini siapa yang hobi jastipan juga seperti saya? Ayo cerita pengalaman kalian di kolom komentar dibawah?
    . Rabu, 03 Juli 2019 .

    1 komentar

    1. waaahhh baru tahu saya titipbeliin ini.
      Sekarang makin mudah saja ya, mau jastip an.
      Dengan website kayak gini, baik si penitip maupun tertitip jadi lebih mudah bertransaksi, apalagi transaksi nggak boleh di cancel.

      Saya juga nggak punya CC, takut punya karena bisa jadi komsumtif.
      Secaraaaa, diskonan CC banyak, kemudahannya beneran bikin saya nggak bisa bedain mana kebutuhan mana keinginan :D

      Tapi kalau memang ada yang mendesak, saya pakai debit online dari BNI, sama aja kayak CC, tapi limitnya kita atur sendiri buat 1 transaksi :)

      BalasHapus

    popular posts

    IBX5B00F39DDBE69