• about me
  • menu
  • categories
  • Agi Tiara Pranoto

    Agi Tiara Pranoto

    Seorang Blogger Indonesia yang berdomisili di Yogyakarta. Selain menulis, dia juga sangat hobi main PUBG Mobile. Cita-citanya adalah mendapatkan passive income sehingga tidak perlu bekerja di kantor, apa daya selama cita-cita itu belum tercapai, dia harus menikmati hari-harinya sebagai manajer sebuah penginapan syariah dan content manager sebuah clothing line

    [REVIEW] Gudeg Manggar Spesial dari Rumah Makan Manggar Manding: Makanan Raja-Raja, Bukan Kaleng-Kaleng!


    Hai pembacaku yang budiman dan budiwoman! Kembali lagi di review makanan #GemukTanggungSendiri by duckofyork! *kemudian lari sebelum disambit netijen pake sendal swallow*

    BTW iya monmaap judulnya ala ala clickbait. Penasaran aja kalian bakal ngeklik nggak sih kalo judulnya kaya gini? ((TETEP NGEKLIK LAH YA, I LOP YU PUL 1 JUTA PEMBACAKU #tertawadalamkehaluan))

    Mohon maaf atas menghilangnya duckofyork dari peredaran beberapa waktu ini diakibatkan karena penulisnya alias saya sendiri sedang menempuh pendidikan mediator DAN LULUS GENGS ALHAMDULILLAH!!! Jadi sekarang status saya naik jadi #PengangguranBersertifikat karena sampe sekarang nanganin kasusnya baru satu dua aja *insert sfx nangis di pojokan rumah hiks*

    BTW kali ini saya mau menggelitik manja mengompor-ngompori kalian untuk mencoba makanan legendaris di Bantul yang status keendeusannya tidak kalah dengan Mangut Lele belakang ISI maupun Sate Klathak hits Pak Pong dan Pak Bari, yaitu.... GUDEG MANGGAR!
    Sejujurnya saya bukan orang yang begitu doyan masakan jawa tengah khususnya jogja karena manis-manis dan aku pengennya makan yang gurih-gurih mulu...tapi gudeg manggar ini beda gaes--cita rasanya lebih ke arah gurih. Lha emang bedanya apa sama gudeg biasa?

    gudeg manggar di restoran manggar manding

    Gudeg Manggar: Makanan Para Raja, Dibuat dari Manggar alias Bunga Kelapa

    Kalo boleh cerita (dan bangga) dikit nih, Gudeg Manggar ini adalah masakan langka gaes. Jadi menurut sejarahnya, gudeg manggar ini adalah sajian khusus kerajaan, nah terus bikinnya susah karena butuh bunga kelapa alias manggar.

    (ya dibayangin aja cara metik bunganya gimana sist, secara pohon kelapa setinggi itu yaaa~ menjulang~ tidak seperti badanku yang sudah ditarik-tarik pake kasur yang diiklanin di tipi tipi itu tapi tidak tinggi tinggi juga #kokcurhat)

    Nah legendanya sih, yang memakan gudeg manggar ini akan dikelilingi aura keraton yang membuncah dan membahana... kemudian saya pun jadi bertanya-tanya nih ya netijen...

    MONMAP LAHIR DAN BATIN APAKAH KALO SAYA MAKAN GUDEG INI SAYA AKAN MENJADI SEPERTI PUTRI RAJA?

    (kemudian netijen semakin kesal dan berambisi ingin memasung agi biar ga ngeblog lagi karena marai emosi)

    oke fokus, jadi cita rasa manggar ini sedikit berbeda dengan nangka. Kalo nangka kan manis, kalo manggar ini ada manisnya dan ada gurihnya. Tekstur dari manggar ini lebih padat dari nangka--jadi rasanya lebih mak krenyesss gitu.

    Kalo yang saya coba di Restoran Manggar Manding si gudeg manggar ini disajikan seperti ramesan lengkap dengan lauk sambel krecek, telur gudeg dan ayam. Kelihatannya seolah porsinya kecil tapi kalo dimakan semua ternyata kenyang juga yha~ 

    rasa si Gudeg Manggar yang disajikan oleh Rumah Makan Manggar Manding ini juga enak banget. Gurih, Spicy dan penuh bumbu tapi nggak bikin eneg; Cita rasa jawanya tetap kental, tapi nuansa kuliner pedas juga tetep ada jadi rasanya pas banget meskipun saya bukan tipe yang yang doyan masakan jawa. 

    Jadi Makan Gudeg Manggarnya dimana? Di Restoran Manggar Manding Dong!

    Jadi saya nyobain Gudeg Manggar ini di Restoran Manggar Manding, however, disini tidak hanya menyajikan gudeg manggar tapi juga berbagai masakan jawa dengan rasa yang ciamik, harga terjangkau PLUS tempat yang lucu!

    Banyak yang ngomong gini sama saya: "di pedalaman bantul mana ada resto enak yang instagramable kakkk???"

    EHHH MONMAAP ANDA ANDA SEMUA JANGAN JULIT! *baca dengan nada mamah dedeh*

    Justru di Bantul itu banyak kuliner-kuliner surga yang belom diketahui orang jogja. Saya juga berani bilang di Restoran Manggar Manding ini salah satu rumah makan yang dekorasinya bagus DAN rasanya enak. 





    Saya ngomong begini bukan karena diendorse ya, anda semua jangan suudzon! (kemudian buang muka dalam kejumawaan) 

    tapi emang ini salah satu restoran gudeg yang well decorated di Jogja--semua sudutnya instagramable kok. Bahkan ada vespa yang diparkir untuk berfoto-foto dan beberapa spot yang lucu.

    Eh, kalo restoran kan yang penting rasanya mbak? Oh soal rasa sih jujur ini ENAK PAKE BANGET. Waktu saya disini, saya makan gudeg manggar, mangut ikan pe (ikan pari), lumpia manggar dan gurami goreng organik




    Sensasi Mangut Ikan Pe: Ikan Pari Super Endeus

    Siapa disini yang pernah makan mangut? Jadi mangut itu semacam gulai kuah dengan protein ikan khas jawa. Biasanya rasanya gurih pedas gitu gengs, dan kuncinya ada di kuah. Biasanya yang dimangut adalah ikan seperti lele dan nila--jadi baru sekali ini saya nyobain mangut ikan pari.

    Iya, ikan pari = stingray. Disini ikan parinya fresh tapi tidak ada rasa langu seperti layaknya ikan pari pada umumnya. Kuah rempahnya enak banget! saya menyarankan kalo kamu mo coba sesuatu yang baru, boleh banget cobain si mangut ikan pari ini.


    mangut ikan pari

    Jujur sih, semua yang saya makan di Restoran Manggar Manding itu enak. Tempatnya memang sedikit jauh dari pusat kota yaitu di Jl. Parangtritis tepat di perempatan manding--tapi rasanya bener-bener worth the drive!

    Untuk minumannya saya sempat mencoba Teh Batok yang penuh dengan rempah-rempah, rasanya mirip wedangan tapi dengan bahan teh. Kalo kamu doyan minuman teh yang berempah menurut saya Teh Batok ini termasuk minuman yang harus kamu coba

    teh batok dari restoran manggar manding

    Untuk gurame organiknya juga enak dan nggak bau tanah (aduh bahasanya gimana ya) jadi bikin kita pengen makan guramenya pake kuah rempah dari mangut ikan pe--gila sih ini kombinasi surgawi yang bisa bikin lidah kita bersalsa. 

    Inovasi unik lainnya dari restoran manggar manding adalah Lumpia Manggar. Jadi kalo biasanya lumpia itu isinya rebung, lumpia manggar itu isinya bunga manggar seperti topping gudeg. Soal rasanya, jangan ditanya! krenyes-krenyes gurih gimana gituuuuu <3 aduh pokoknya mah pengen tambah lagi dan lagi.




    Untuk harga makanan di Restoran Manggar Manding ini cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga 20 ribuan keatas. Mengingat bunga Manggar ini nggak gampang diolah, harga yang ditawarkan terjangkau banget kok! Jadi nggak usah khawatir untuk datang dan mencicipi kelezatan si Gudeg Manggar Manding ini.

    Kalo saya sih ngga cukup cuma dateng sekali, maunya berkali-kali huahahaha. Kadang kalo malem gitu suka kebawa mimpi deh si gudeng manggar plus ayamnya yang gurih dan kreceknya yang yaAllah enak bangetttt...

    Kalo kalian pengen nyobain Gudeg Manggar dari restoran Manggar Manding juga  boleh banget langsung cek alamat dibawah:

    Rumah Makan Manggar Manding

    Jl. Parangtritis KM.11,5, Kadibeso, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55781
    Jam Buka: 9 Pagi sampai 9 malam


    That's it, see you folks another review!


     

    Hai pembacaku yang budiman dan budiwoman! Kembali lagi di review makanan #GemukTanggungSendiri by duckofyork! *kemudian lari sebelum disambit netijen pake sendal swallow*

    BTW iya monmaap judulnya ala ala clickbait. Penasaran aja kalian bakal ngeklik nggak sih kalo judulnya kaya gini? ((TETEP NGEKLIK LAH YA, I LOP YU PUL 1 JUTA PEMBACAKU #tertawadalamkehaluan))

    Mohon maaf atas menghilangnya duckofyork dari peredaran beberapa waktu ini diakibatkan karena penulisnya alias saya sendiri sedang menempuh pendidikan mediator DAN LULUS GENGS ALHAMDULILLAH!!! Jadi sekarang status saya naik jadi #PengangguranBersertifikat karena sampe sekarang nanganin kasusnya baru satu dua aja *insert sfx nangis di pojokan rumah hiks*

    BTW kali ini saya mau menggelitik manja mengompor-ngompori kalian untuk mencoba makanan legendaris di Bantul yang status keendeusannya tidak kalah dengan Mangut Lele belakang ISI maupun Sate Klathak hits Pak Pong dan Pak Bari, yaitu.... GUDEG MANGGAR!
    Sejujurnya saya bukan orang yang begitu doyan masakan jawa tengah khususnya jogja karena manis-manis dan aku pengennya makan yang gurih-gurih mulu...tapi gudeg manggar ini beda gaes--cita rasanya lebih ke arah gurih. Lha emang bedanya apa sama gudeg biasa?

    gudeg manggar di restoran manggar manding

    Gudeg Manggar: Makanan Para Raja, Dibuat dari Manggar alias Bunga Kelapa

    Kalo boleh cerita (dan bangga) dikit nih, Gudeg Manggar ini adalah masakan langka gaes. Jadi menurut sejarahnya, gudeg manggar ini adalah sajian khusus kerajaan, nah terus bikinnya susah karena butuh bunga kelapa alias manggar.

    (ya dibayangin aja cara metik bunganya gimana sist, secara pohon kelapa setinggi itu yaaa~ menjulang~ tidak seperti badanku yang sudah ditarik-tarik pake kasur yang diiklanin di tipi tipi itu tapi tidak tinggi tinggi juga #kokcurhat)

    Nah legendanya sih, yang memakan gudeg manggar ini akan dikelilingi aura keraton yang membuncah dan membahana... kemudian saya pun jadi bertanya-tanya nih ya netijen...

    MONMAP LAHIR DAN BATIN APAKAH KALO SAYA MAKAN GUDEG INI SAYA AKAN MENJADI SEPERTI PUTRI RAJA?

    (kemudian netijen semakin kesal dan berambisi ingin memasung agi biar ga ngeblog lagi karena marai emosi)

    oke fokus, jadi cita rasa manggar ini sedikit berbeda dengan nangka. Kalo nangka kan manis, kalo manggar ini ada manisnya dan ada gurihnya. Tekstur dari manggar ini lebih padat dari nangka--jadi rasanya lebih mak krenyesss gitu.

    Kalo yang saya coba di Restoran Manggar Manding si gudeg manggar ini disajikan seperti ramesan lengkap dengan lauk sambel krecek, telur gudeg dan ayam. Kelihatannya seolah porsinya kecil tapi kalo dimakan semua ternyata kenyang juga yha~ 

    rasa si Gudeg Manggar yang disajikan oleh Rumah Makan Manggar Manding ini juga enak banget. Gurih, Spicy dan penuh bumbu tapi nggak bikin eneg; Cita rasa jawanya tetap kental, tapi nuansa kuliner pedas juga tetep ada jadi rasanya pas banget meskipun saya bukan tipe yang yang doyan masakan jawa. 

    Jadi Makan Gudeg Manggarnya dimana? Di Restoran Manggar Manding Dong!

    Jadi saya nyobain Gudeg Manggar ini di Restoran Manggar Manding, however, disini tidak hanya menyajikan gudeg manggar tapi juga berbagai masakan jawa dengan rasa yang ciamik, harga terjangkau PLUS tempat yang lucu!

    Banyak yang ngomong gini sama saya: "di pedalaman bantul mana ada resto enak yang instagramable kakkk???"

    EHHH MONMAAP ANDA ANDA SEMUA JANGAN JULIT! *baca dengan nada mamah dedeh*

    Justru di Bantul itu banyak kuliner-kuliner surga yang belom diketahui orang jogja. Saya juga berani bilang di Restoran Manggar Manding ini salah satu rumah makan yang dekorasinya bagus DAN rasanya enak. 





    Saya ngomong begini bukan karena diendorse ya, anda semua jangan suudzon! (kemudian buang muka dalam kejumawaan) 

    tapi emang ini salah satu restoran gudeg yang well decorated di Jogja--semua sudutnya instagramable kok. Bahkan ada vespa yang diparkir untuk berfoto-foto dan beberapa spot yang lucu.

    Eh, kalo restoran kan yang penting rasanya mbak? Oh soal rasa sih jujur ini ENAK PAKE BANGET. Waktu saya disini, saya makan gudeg manggar, mangut ikan pe (ikan pari), lumpia manggar dan gurami goreng organik




    Sensasi Mangut Ikan Pe: Ikan Pari Super Endeus

    Siapa disini yang pernah makan mangut? Jadi mangut itu semacam gulai kuah dengan protein ikan khas jawa. Biasanya rasanya gurih pedas gitu gengs, dan kuncinya ada di kuah. Biasanya yang dimangut adalah ikan seperti lele dan nila--jadi baru sekali ini saya nyobain mangut ikan pari.

    Iya, ikan pari = stingray. Disini ikan parinya fresh tapi tidak ada rasa langu seperti layaknya ikan pari pada umumnya. Kuah rempahnya enak banget! saya menyarankan kalo kamu mo coba sesuatu yang baru, boleh banget cobain si mangut ikan pari ini.


    mangut ikan pari

    Jujur sih, semua yang saya makan di Restoran Manggar Manding itu enak. Tempatnya memang sedikit jauh dari pusat kota yaitu di Jl. Parangtritis tepat di perempatan manding--tapi rasanya bener-bener worth the drive!

    Untuk minumannya saya sempat mencoba Teh Batok yang penuh dengan rempah-rempah, rasanya mirip wedangan tapi dengan bahan teh. Kalo kamu doyan minuman teh yang berempah menurut saya Teh Batok ini termasuk minuman yang harus kamu coba

    teh batok dari restoran manggar manding

    Untuk gurame organiknya juga enak dan nggak bau tanah (aduh bahasanya gimana ya) jadi bikin kita pengen makan guramenya pake kuah rempah dari mangut ikan pe--gila sih ini kombinasi surgawi yang bisa bikin lidah kita bersalsa. 

    Inovasi unik lainnya dari restoran manggar manding adalah Lumpia Manggar. Jadi kalo biasanya lumpia itu isinya rebung, lumpia manggar itu isinya bunga manggar seperti topping gudeg. Soal rasanya, jangan ditanya! krenyes-krenyes gurih gimana gituuuuu <3 aduh pokoknya mah pengen tambah lagi dan lagi.




    Untuk harga makanan di Restoran Manggar Manding ini cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga 20 ribuan keatas. Mengingat bunga Manggar ini nggak gampang diolah, harga yang ditawarkan terjangkau banget kok! Jadi nggak usah khawatir untuk datang dan mencicipi kelezatan si Gudeg Manggar Manding ini.

    Kalo saya sih ngga cukup cuma dateng sekali, maunya berkali-kali huahahaha. Kadang kalo malem gitu suka kebawa mimpi deh si gudeng manggar plus ayamnya yang gurih dan kreceknya yang yaAllah enak bangetttt...

    Kalo kalian pengen nyobain Gudeg Manggar dari restoran Manggar Manding juga  boleh banget langsung cek alamat dibawah:

    Rumah Makan Manggar Manding

    Jl. Parangtritis KM.11,5, Kadibeso, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55781
    Jam Buka: 9 Pagi sampai 9 malam


    That's it, see you folks another review!


     
    . Sunday, November 25, 2018 .

    13 comments

    1. Kan jadi iri dan laperrrr melihat foto-foto makanannyaaaa mana lokasinya nyaman beud :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. ayo dong kak ke jogja, nanti kita makan sama-sama

        Delete
    2. Itu dari fotonya aja dah bikin ngiler ... Gmana kalo dah icip yaaa 😍

      ReplyDelete
    3. Ikan Pari nya kaya manggil-manggil gitu untuk dimakan

      ReplyDelete
    4. Aku belom pernah makan ikan pari, penasaran pengen nyobain beneran. Kalo gudeg manggarnya udah pernah makan, beberapa kali, enak tapi lidah tydack terlalu suka... Restorannya so instagramable!

      ReplyDelete
    5. Wah... Kok menunya enak2 semua.. Paling suka olahan ikan pe, dimangut apa dioseng pakai lombok ijo.. Yummy.. 😍😍

      ReplyDelete
    6. Aku kalo makan gudeg manggar di Srandakan mbak. Warung makan doang sih, bukan resto cantik macam ini. Jadi pengen nyobain, tapi mayan juga ya jauhnya kalo dari utara. Hihi

      ReplyDelete
    7. tempatnya lucuw gt ya mak, hahahhaha instagramable tapi lebih dari itu makanannya bikin ngiler aaah, pengen njajal suatu saat nanti

      ReplyDelete
    8. Aku pernah dibawain gudeg manggar Manding ini, enaaak.. kalo tempatnya lucu buat peputuan gini tau gitu mending ikut ajaaa, huhuhuuuu..

      ReplyDelete
    9. Aku suka gudeg manggar, rasanya unik. Gurih2 gimana gitu. Dulu kalau makan juga di Jln Paris tapi di warung ndeso gitu, nggak fancy kayak gini. Udah lama banget nggak makan gudeg manggar, jadi kangen.

      ReplyDelete
    10. Gudegnya eksklusif ya mbaaa, tempatnya juga pass buat pepotoan

      ReplyDelete
    11. Agiii, aku terpesona sama restonya, instagramable banget yaaa. Trus dong, aku skrg baca reviewnya aja udah gendut, hiks ^_^

      ReplyDelete

    popular posts

    IBX5B00F39DDBE69