T O D A Y O N D U C K Y V E R S E





Alila Solo - The Complete, Curated, Luxurious Urban Retreat!

Siapa yang udah planning acara mudik-mudik lebaran??? Jelas bukan saya hahahaha secara blogger nggak punya hari libur ((kemudian meng...


Siapa yang udah planning acara mudik-mudik lebaran??? Jelas bukan saya hahahaha secara blogger nggak punya hari libur ((kemudian menghela nafas super panjang))

Jadi saking nggak ada hari liburnya, seminggu yang lalu saya diajak quality time/staycation bersama teman-teman saya. Berhubung sayanya juga fakir liburan butuh piknik, akhirnya pilihan staycation jatuhlah ke Hotel paling hits sekota Solo, yaitu Alila Hotel Solo!
Kenapa Solo? Well, kenapa enggak? Berhubung keluarga saya banyak yang tinggal di Solo dan konon kakek saya dari Ibu juga berasal dari Solo, maka dengan penuh semangat kita menempuh 60 sekian kilo dari Jogja. Saking semangatnya, semuanya bawa koper segede gaban.

Hotel Alila Solo ini terletak di jalan protokol paling hits di solo yaitu Jalan Slamet Riyadi yang macetnya bikin stress ituh dan cukup dekat dengan stasiun purwosari. Karena kami semua naik kereta (ya karena nggak mungkin kan naik pesawat ke Solo?) akhirnya kita minta dijemput di stasiun dan pihak hotel ternyata menyediakan shuttle penjemputan ke Purwosari.

*super lega karena gak harus lari-larian cari grab dari stasiun*



Begitu kami turun, kami langsung disambut oleh concierge yang super ramah dan sigap membawakan koper kami yang segede-gede gaban itu. Oh ya, soal keamanan, jangan khawatir karena sebelum masuk hotel terdapat pengamanan berupa metal detector dan x-ray scanner. You know lah disaat-saat kaya sekarang, keamanan penting banget kan?

Kesan pertama saya terhadap Alila solo adalah hotelnya begitu stand-out diantara bangunan-bangunan kota solo lainnya yang bergaya klasik. Suasana modern, urban, misterius dan somehow adem langsung saya dapatkan ketika melihat gedungnya yang menjulang dan tertutup dengan pepohonan yang rimbun. 

I should say that Alila Solo's lobby is a piece of art on its own! *sfx: enthusiastic clap* Di design oleh Budiman Hendropurnomo dari Denton Cooker Marshall, somehow, Alila Solo berhasil memberikan kesan modern tanpa kehilangan javanese touch. Buktinya, art piece tinggi yang mengelilingi lobby dengan bentuk wayang (yang jadi cover postingan ini ituloh!) sukses membuat para pengunjung seperti saya ini stunned.

Oh how lucky i am!

Ada 4 tipe kamar di Alila Solo yaitu deluxe, executive, alila suite dan presidential suite. Kali ini saya dan teman-teman memilih untuk bersantai di alila suite dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut #PidatoModeOn

1. kamar executive keatas dapet akses ke Executive Skylounge yang pemandangannya bagussssssssss banget. Berhubung ibu-ibu (baca: saya) butuh high tea dan tarik nafas dari kehidupan per-ibu-ibuan, maka disekalianin aja ya gengs #TidakMauRugi #EmakEmakBerdasterJugaPerluHighTea

2. Kan judulnya staycation sama quality time! Harus cari kamar yang gede dan gak bosenin dooong, kalo bisa ada meja makannya sama sofa buat main UNO!!! Makannya sih tetep di kasur #eaaaaaa

3. Ada private pool! Lemak-lemak saya yang mulai offside ini tidak perlu terekspos di kolam renang umum (walopun ujung-ujungnya tetep berenang di kolam renang yang gede karena ternyata bisa pesen makanan lucu-lucu di kolam) 
PS: dari private poolnya bisa liat pemandangan kota solo lho! #MenghelaNafasDalamKebahagiaan

4. Bathtub sama shower terpisah which is ini menjadi poin penting karena saya tetep harus showeran dulu sebelum masuk bath tub. Ini adalah dampak menikah sama makhluk jejepangan satu itu gengs ((Showeran sebelum bathtub emang lebih enak sih karena masuk bathtub rasanya fresh))

5. Did i mention they have a private pool?!?!?!

Alila Suite @ Alila Solo Hotel


Trip kali ini saya sekamar sama Nia ((yang tabah banget denger saya ngorok semaleman, maafin ya ni)) dan berhubung kita lagi sama-sama cape buangetttt dari rutinitas kehidupan mencari uang yang semakin nggilani, sampai kamar bawaannya langsung nggrasuk mapan di kasur sambil nggosip.

Kesan pertama saya: WAH KASURNYA NYAMAN!! #YAEYALAH

Eh tapi standar nyamannya saya beda lho gengs, jadi kalo saya kasur itu harus firm sementara bantal harus empuk dan fluffy. Nah tempat tidur di Alila Suite ini kasurnya firm sementara bantalnya fluffy! Nyaman banget setelah berdiri selama sejam di prameks yang ramenya nggak manusiawi itu. 

Lho, saya belum jelasin kamar udah jelasin kasur aja... Okelah skip, kita ulang lagi dari awal. #Baiklah



Jadi di executive suite ini ada 4 ruangan utama yaitu living space berupa pantry, dining area dan lounging area, Kamar Mandi, Kamar Tidur dan patio + private pool  terus ada juga toilet kecil di area pantry untuk guest. Jadi area bathroom dan kamar tetep private. Gemes banget ya?

Oh ya, satu lagi yang bikin saya jatuh cinta sama Alila Solo: kalo biasanya saya harus pake electric kettle buat bikin kopi, di Alila Solo semua mesin kopinya menggunakan Magimix Inissia dengan coffee pod system yang mudah banget dipakai dan cepeeeet!!! ini cocok banget buat penggemar kopi anti repot macem saya huehehehe

(masih ada yang mau debat kopi kok digunting sama kopi kok diseduh? sekarang jamannya kopi pake kapsul gengs, gak pake lamaaaaaa~~)


Oh ya, amenities dan toiletries yang tersedia di Alila ini semuanya merupakan produk dari Alila Living. Alila Living ini adalah brand yang natural & organic lho gaes, jadi kalian nggak perlu khawatir dengan kualitas amenities yang disediakan. Bau shampoo dan sabunnya sih enak banget, nggak yang menyengat dan kimia banget seperti umumnya shampoo hotel.

Buat kalian yang nggak nginep di Alila Suite, jangan khawatir karena semua kamar di Alila Solo ini menggunakan Alila Living sebagai main amenities nya kok! Nanti saya akan bahas lebih lanjut soal si Alila Living ini yaaaa~


Nah area yang paling gemes adalah si private pool. Kolamnya nggak dalem kok gaes, tapi cantik banget dan ada cabana nya juga! Jadi sambil menikmati angin siang-siang kalian bisa banget berenang-berenang lucuk atau baca-baca majalah dengan penuh kegemesan ala-ala manjyahhhh seperti saya!! #BerasaSyahrini

Kamar Alila Suite ini bisa kamu rent dengan rate sekitar USD 600an atau sekitar 7-8 juta tergantung availability nya. Aku sendiri prefer book langsung dari website Alila Solo karena mereka punya special rate sendiri!

Mahal? Nggak sih ya, untuk harga segitu kamarnya worth it  banget! Bisa buat keluarga kecil juga karena maximum occupancy nya adalah 3 orang. Aku sendiri prefer kalo liburan keluarga mending nginep di suite kaya gini karenaaaa.... it's a lot cheaper dan suasana liburan keluarganya jadi lebih kerasa dan lebih private.

Jadi kepikir mau bawa keluarga buat staycation lagi disini... hmmmm ((nunggu ultah Daddy A))

Executive Skylounge @ Alila Solo


Setelah check-in dan naruh barang-barang di kamar, saya dan teman-teman memutuskan untuk afternoon tea di Executive Skylounge yang terletak di lantai 30 Hotel Alila Solo ini. Lokasinya di lantai paling atas dan memang pemandangan dari Skylounge ini juara bangetttt! Bener-bener kaya satu solo kelihatan semua dari atas!

Executive lounge ini memang diperuntukkan buat tamu-tamu yang menginap di kamar executive, suite dan presidential. Tempatnya chill banget, dan meskipun terletak di lantai paling atas tapi sinar matahari yang masuk is just right dan nggak menyengat sama sekali #KuBahagia 



Selain ada dining area buat nyemil dan high tea, di Executive Suite ini juga ada mini-workspace yang bisa kamu pake buat browsing, baca-baca buku atau cuma bersantai. Kalau yang bawa anak-anak juga bisa deh youtube-an di iMac yang tersedia di executive skylounge ini. Tempatnya luas dan jarak antar kursi jauh-jauh jadi bisa chill banget sambil mikirin negara ngobrol-ngobrol gemes dengan teman-teman dan keluarga.

Sunset & Chill di Agra Rooftoop

Setelah puas ngeteh dan ngobrol-ngobrol gemesss, kami turun 1 lantai ke Agra Rooftop Lounge di lantai 29. Nah Agra Rooftop Lounge ini baru buka jam 5 sore, jadi kalau kamu mau ke Agra sebelum jam segitu, lift nya belum dibuka. #LessonLearned

Agra sendiri adalah rooftop lounge dan bar yang paling happening sekota solo, jadi buat kamu-kamu yang emang doyan banget chill di bar sambil ngeliat sunset dan gunung merapi merbabu di kejauhan... this is the place for you.


Ada dua lokasi di Agra yaitu indoor dan outdoor. Kalo saya sih prefer yang outdoor karena bisa bener-bener menikmati indahnya senja kota solo sambil nyemil tapas dan minum cocktail atau wine. Tips, kalo kalian mau tau minuman apa yang cocok buat kalian, don't hesitate to ask the bartender! Wine connoisseur kami kali ini, Mas Bayonet, memberikan rekomendasi wine yang cocok sekali dengan suasana sore di kota solo yang cerah dan sedikit lebih hangat dari Jogja.

(yha minuman kan harus disesuaikan dengan suasana, gitu lho maksud saya)

Jadi, denger-denger nih, cocktail di agra semuanya menggunakan ingredients yang ditanam sendiri di lantai 5 Alila Hotel--jadi bahan-bahannya bener-bener organik dan natural gitu. Hanya bahan-bahan yang ngga mungkin tumbuh di Solo aja yang di source dari luar.

Sunset dan pemandangan malam hari dari Agra memang one of a kind banget. Buktinya setelah ngepost foto ig di Agra, banyak banget yang mengira saya di Agra, India beneran! Kalo ada highlight yang paling saya suka selama menginap di Alila Solo, saya harus bilang kalau Agra ini adalah the best feature!

PS: ini penting banget. Agra punya strict dresscode smart-casual, jadi jangan pake celana pendek dan sandal ya, karena udah pasti nggak bakal dibolehin masuk!!!!



Sarapan di Epice @ Alila Solo


Seperti biasa, emak-emak yang baca blog saya pasti bertanya-tanya "Sarapannya di Alila gimanaaaa???" oleh karena itu jangan khawatir, jangan panik, jangan bakar-bakar ban karena sarapan di Alila Solo enak banget!

Alila Solo punya all-day dining di Epice Restaurant yang terletak di sebelah lobby. Epice ini punya beberapa dining area dari yang bisa untuk 2 orang sampai meja supergede yang bisa hosting  16 orang. Menurut saya Epice ini cocok banget untuk keluarga dan rombongan yang menginap di Alila supaya nggak makan di area yang mencar-mencar.

((cue adegan melirik foto keluarga besar dengan 53 cucu yang cuma kumpul setahun sekali))

Sebenernya sih waktu check in, kami ditanya mau breakfast dimana, karena bisa banget minta breakfast di Executive Lounge atau breakfast in bed, tapi berhubung saya adalah pecinta buffet all you can eat... marilah kita turun 20+++ lantai demi makan enak.

Oh ya, Epice ini juga open kitchen lho, jadi sambil makan kita bisa melihat bagaimana kesibukan para chef dan linecook di dapur yang terbuka. Jangan ditanya wanginya ya! Bikin ngiler deh pokoknya!


Seperti hotel bintang 5 pada umumnya, menu breakfast di Epice terbagi menjadi 4 golongan: healthy food (salad dan teman-temannya), western food, traditional food dan asian food. Ada juga desert corner dengan berbagai pilihan pastry yang endeussss! 

(Pro Tip: Mango Panacotta is the best!)


Untuk traditional corner di Alila Solo sedikit berbeda. Jadi bentuknya beneran corner yang didesign sedemikian rupa seperti saung tradisional. Menu yang disajikan pun khas masakan solo seperti baceman tahu tempe, gudeg dan sebagainya. Ada pegawai alila yang diposisikan seperti "mbokdhe" yang bertugas melayani para tamu yang tertarik dengan hidangan tradisional.

Soal rasa, jangan khawatir ya, karena rasa masakan tradisional di Alila Solo enak banget kaya makanan rumahan. Kalo biasanya kan indonesian food di hotel-hotel gitu rasanya suka kebarat-baratan, kalo di Alila nggak! Rasanya ya beneran kaya masakan tradisional jawa (meskipun gak seberapa manis kayak di Jogja ya... mungkin faktor di solo juga hehehe)



BTW kalo kalian nginep di Alila Solo pasti kalian akan bertanya-tanya kenapa banyak banget keranjang rotan ini dimana-mana! Pokoknya setiap public area bakal ada keranjang rotan ini entah dipinggir jendela, dideket kursi... pokoknya dimana-mana!

at first i thought it was a feng shui thing.. tapi kayanya ngga ada ya aturan fengshui naro keranjang dimana-mana karena ini lokasinya bener-bener literally dimana-mana yang nyebar gitu. Jadi karena saya kepo maka bertanyalah saya

TERNYATA. FUNGSI. KERANJANG. INI. AKAN. BIKIN. KALIAN. SHOCK.

(bukan ini bukan judul clickbait)

jadi keranjang ini buat para tamu yang bawa handbag supaya nggak usah ditaro dimeja atau dikursi atau dilantai gitu. Kalo tas-tas yang mehong kan sayang ya bokkk kalo ditaro di lantai (kalo tas diskonan kaya punya saya mah ditaro dimana aja oke) dan kalo ditaro dikursi kan ngga enak pas duduk, jadi Alila Solo menyediakan keranjang ini untuk menaruh tas supaya tas terlindung dari cipratan kuah atau cipratan minuman misalnya

(ku jadi teringat tragedi balenciaga favorit yang kena kuah rendang. udah ah sedih dadahhh)

Berenang (dan Ngemil!) di Largo @ Alila Solo



Kalo biasanya kolam renang adanya di rooftop, di Alila solo, kolam renang berada satu lantai dengan spa, gym dan kids club. Begitu sampai kita akan langsung disambut oleh "sun butler" nya Alila Solo yang sigap memberikan handuk dan menawarkan menu snack untuk nyemil di Largo.

Meskipun solo panas banget; tapi di Largo ini ademmm karena banyak cabana dan pepohonan yang akan bikin kamu merasa seperti di Bali. Pemilihan pepohonannya juga bagus karena rindang tapi nggak gengges. Pokoknya bener-bener kayak bukan di solo!!!

Oh ya, Largo terbuka untuk umum kok gengs, jadi kalo kalian nggak nginep di alila tapi pengen ngegym atau berenang disini bisa banget kok! Cus langsung hubungi pihak alilanya aja!

(PS: selama bulan ramadhan 2018 ini Largo bertransformasi jadi pasar ramadhan yang super cuanteks. Cus ah buru kalo mau cobain menu-menu kece dari alila solo langsung mampir aja ke Largo!)

Bonus: Kids Club Alila!


Parents unite! Buat kalian para orangtua yang pengen bawa anak pas ngegym atau lagi meeting di alila tapi membawa si kecil,  do contact pihak hotel untuk membuka Alila Kids Club ini!

Alila Spa -- The most relaxing place in Solo!



Di hari terakhir, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk mampir ke Spa nya Alila Solo. Denger-denger spa di alila solo ini adalah salah satu spa terbaik di kota solo... (kemudian menghela nafas dalam kekepoan yang membara)

Spa ini terletak satu lantai dengan gym dan largo. Tempatnya spacious dan tenang banget. Berbeda dengan gym yang didominasi dengan kaca-kaca, Alila spa banyak didominasi dengan kayu-kayu dan lightingnya lebih dim ketimbang tempat-tempat lain di hotel Alila ini, makanya begitu masuk rasanya langsung relax walaupun di luar cahaya matahari lagi terik-teriknya.


Alila Spa punya fasilitas Jacuzzi & Whirlpool, Salon, Locker room yang super spacious dan sauna. Kalian nggak akan nyangka kalo jacuzzinya luas bangeeet karena jacuzzi ini bisa diakses dari locker room. Jadi semacam kaya jatuh ke lubang kelinci di alice in wonderland gitu dehhh...

Untuk treatmentnya sendiri ada macem-macem dari creambath sampe full body massage ada semua. Yang saya cobain adalah reflexology (teteupppp...)



Sebelum dipijat, kaki kita direndam terlebih dahulu dalam foot bath, tapi berbeda dengan foot bath pada umumnya, rendaman kaki di alila solo benar-benar menggunakan citrus dan lemongrass beneran untuk anti-bakterinya; jadi bener-bener organik!

I should say, terapis di Alila Solo ini berpengalaman banget karena pijetannya sama sekali nggak sakit tapi langsung bikin badan rileks. Sebagai veteran dalam dunia perpijetan, nggak gampang lho memijat refleksi yang ngga sakit tapi langsung bikin relax dan tenang gitu!

Oh ya, additionally, kalian bisa tambah treatment bubble bath yang nyaman dan super duper manjaaahhh karena sambil berendam kalian bisa melihat pemandangan herbs garden-nya Alila solo yang aku ceritain diatas. Dijamin relax to the max!


Dan lagi-lagi, semua treatment di Alila Spa ini juga menggunakan produk-produk dari Alila Living lho! Jadi selain nyaman, tentunya semuanya aman dikulit karena organic dan natural!

Saya sebenernya penasaran sama produk-produk dari Alila Living ini karena di beberapa sudut Alila Hotel ada stall nya; namanya Alila Living @ The Gerobak. Jadi buat tamu-tamu yang can't get enough of the hotel amenities bisa banget langsung diborong ya produk-produk Alila Livingnya



Duhhh masa harus ke Alila dulu sihh cuma buat beli sabun dan shampoo-nya? Eits jangan khawatir karena kalian juga bisa membeli produk Alila Living secara online disini!

PS: try their pillow mist! Vogue france recommends them!

Overall Thoughts & Review Alila Solo



Saya harus bilang: this is the best hotel in solo. Berdasarkan pengalaman saya keliling-keliling solo sejak kecil, saya harus bilang bahwa Alila Solo benar-benar memenuhi ekspektasi saya! Dari staff yang ramah, keamanan dan privasi yang terjaga, kamar yang nyaman sampai fasilitas hotel yang lengkap. 

Kamar suite yang sangat nyaman, lengkap dengan segala personalized amenities-nya merupakan hal yang menjadi highlight dari trip saya kali ini. Sure, we pay a handsome price for it, tapi bisa dibilang untuk menginap disini; harga segitu tuh Worth it banget! 

Saya senang sekali dengan Alila Solo yang begitu self sufficient dan bisa dibilang eco-friendly, selama saya disini, saya belum pernah melihat penampakan sedotan plastik karena diganti dengan sedotan reusable dari bambu. Produk-produk yang locally sourced juga mengurangi emisi karbon, lengkap dengan tanaman yang tersebar di sekeliling hotel sehingga memberikan kesan adem dan penghijauan yang begitu terasa.

All in all, will i come back? Definitely yes! Aku rekomendasiin Alila Solo banget buat kalian yang mau staycation atau meeting atau family gathering atau bahkan mau romantic getaway karena memang hotelnya bagussss bangettttt dan juga family friendly!

Penasaran pengen kepoin Alila Solo juga? cus silahkan dikepo kontaknya dibawah ini:

Alila Solo

Jl. Slamet Riyadi No.562, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
phone: (+62)271-6770-888

You Might Also Like

11 comments

  1. aduuh sist,n mewah banget ya hotelny, bikin betah gamau pulang... kalo favoritku sih aku suka ke agra yang dilantai 29 itu tuh...

    ReplyDelete
  2. PREACH THIS CONTENT! Pacar eike suka banget tauk sama layouting konten yey. Cakep bat dah. Lha kalo kayak gini udah tinggal cari tanggal yang pas buat booking kamar dan ngerencanain staycation yang entah kapaaaan~

    ReplyDelete
  3. Apik banget, apalagi poolnya yang bikin berasa syahrini... :)

    ReplyDelete
  4. Mevwaaaaaahhh sekaliii! Kalo nginep di hotel kayak gini malah gak mau jalan-jalan keluar hahahaha.

    ReplyDelete
  5. suka banget deh sama foto2 kamu beb, selalu keceee postingannya!
    Yuk ah liburan lagiiii

    seruuu banget nih acaranya!!

    Love,
    Deniathly

    ReplyDelete
  6. pertama kali main ke mari, wahhhh keren banget ya templatenya apalagi komposisi tulisannya, saya tertegun dengan foto-foto yang apik disusun sedemikian rupa hingga memanjakan mata saya melihatnya... style yang apikkk

    ReplyDelete
  7. Layoutnya fancy nan artsy deh ah kzl

    ReplyDelete
  8. Sekilas seperti pernah dengar nama hotel ini, waktu ke Solo gak disini sih..hehe
    Baca dan lihat fotonya jadi lebih tahu detailnya nih.
    Ternyata tempatnya nyaman ya, Teh, bikin betah ini mah euy..he
    Kalau kesitu pengen berlama-lama dah :D

    ReplyDelete
  9. Duh, fasilitasnya seru banget ya...

    ReplyDelete
  10. Setujuuu, kalo sedang staycation mah, mending pilih kamar yg bagus sekalian yaaa.. Biar bisa bener2 relaks :) . Tapi aku sesekali walopun nginep di kamar executivenya, dapat tempat sarapan khusus di lounge, ttp sih lbh milih yg tempat biasa krn pilihannya yg lebiiih banyak :p. Sarapan hotel buatku paling utama. Jd kalo dpt hotel dengan sarapan ga enak, aku lgs ilfil :p

    ReplyDelete
  11. tempat nya enak dan nyaman tuh, kamarnya juga okee bangett.. cocok lah nih buat liburan akhir smeester :v

    ReplyDelete

I ' M A P A R T O F



Blogger Perempuanpostimage
IBX5B00F39DDBE69

Instagram Feeds