Berburu Tempat Instagramable Part 004: Agrowisata Bhumi Merapi (PS: Bonus Hewan Lucu)

HOLA! kembali lagi bersama Madam Ducky...eh salah, itu introduction  Bigo saya, keceplosan maap. Anyway, kembali lagi di serial berburu ...


HOLA! kembali lagi bersama Madam Ducky...eh salah, itu introduction Bigo saya, keceplosan maap. Anyway, kembali lagi di serial berburu tempat instagramable part 004! *insert_loud_cheer_here* kali ini aku mau mengajak kalian menengok tempat paling ngehits tapi masih anti-mainstream se-kaliurang, yogyakarta. Hmmm, apa dan dimana sih tempatnya?
Ya sebenernya sih kalau kalian sudah baca judulnya (yang mana itu judulnya adalah gede banget lho!) kalian pasti sudah tahu saya mau bahas soal agrowisata Bhumi Merapi di Kaliurang, Yogyakarta. Agrowisata Bhumi Merapi ini bukan sekedar agrowisata biasa lhooo. Pokoknya lengkap dan ngehits deh!!


Oya, seperti biasa, disclaimer, saya kesini diajak oleh Pak Wasito dari Dinas Pariwisata Sleman dalam rangka #wisatasleman bersama teman-teman blogger lainnya. Tapi tenang aja, opini saya soal tempat ini 100% jujur dari lubuk hati yang paling dalam kok *insert_senyuman_saya_yang_paling_manis*


Karena lokasinya yang terletak di Jalan Kaliurang atas, agrowisata Bhumi Merapi ini suasananya adem, sejuk, teduh, damai, ya mirip-mirip lah sama hati saya pokoknya nyaman banget buat sekedar jalan bersama teman, pasangan ataupun keluarga. Di Agrowisata Bhumi Merapi ini ada lokasi untuk camping trip, outbond, camping with car-tent, jelajah gua, bercocok tanam hidroponik sampai wisata bersama hewan-hewan lucu. Hewan lucu? iya, di Bhumi Merapi ada banyak hewan-hewan geumeuz lho!


Nah waktu saya datang ke Agrowisata Bhumi Merapi ini, suasana agak hujan rintik-rintik syahdu, makanya suasananya adem banget. Kalau kesini, aku sangat menyarankan teman-teman untuk bawa payung dan jaket, karena kabut bisa turun kapan aja. Kesan pertama saya, yaaa agak-agak mirip farm-farm yang di lembang sih, hehehe.


Ini lokasi campingnya. Sebenarnya masih luas lagi ke bawah, cuma waktu itu saya nggak sempat eksplore karena keburu gerimis tipis-tipis, dan saya masih kecapean akibat nyetir melalui medan yang lumayan dari desa wisata pentingsari. Ini habis ada semacam acara kumpul-kumpul makanya ada beberapa 'totem'-'totem' di camping ground ini. Camping ground nya menurut saya spacious banget sih. Di bawah ada spot untuk camping dengan mobil juga, jadi disediakan tenda yang menyambung ke mobil. Lucu banget ya?


Di Agrowisata Bhumi Merapi ini juga ada kandang-kandang kelinci. Btw, kelinci-kelinci disini diperjualbelikan juga lho! Jadi teman-teman yang berminat untuk memelihara kelinci bisa mendapatkan berbagai jenis breed kelinci di Agrowisata ini. Yang keren, ada kandang khusus untuk kelinci-kelinci VIP alias kelinci-kelinci mahal dengan harga 3 juta keatas. Sayangnya waktu itu, kami cuma bisa melihat sebentar supaya tidak mengganggu para kelinci mahal lucu yang sedang bobok.




Gemes ya kelincinya? selain kelinci di kandang, ada juga kandang khusus untuk kita melihat kelinci berlompatan di lapangan yang luas. Kalau kita beruntung, kita bahkan bisa berinteraksi langsung dengan kelincinya lho! Saya sih nggak beruntung karena kelincinya lari pas dideketin hahaha *insert_muka_sedih_karena_dicuekin_kelinci_here*


Selain kelinci juga ada musang gemes ini, tentunya di kandang yang terpisah dong, hahaha. Musang bulan ini namanya Tejo, dan dia suka banget sama saya. Saking sukanya, dia susah difoto karena maunya nempel dan ngendusin saya. Saya sih curiga si Tejo ini tergila gila dengan bau ketek feromon saya yang begitu menggelegar mempesona dan membahana ituh--oke, skip, abaikan.


Nah, untuk hewan yang lain, ada ular sanca albino yang keren ini. Karena saya tahu teman-teman pasti ada yang fobia ular, makanya saya sertakan mas ganteng ini didalam frame. Sebenarnya ada juga foto saya memegang ular yang dijepret oleh Mbak Rian, tapi saya takut kalian malah lebih kesel liat saya ketimbang liat ularnya *jujur_mode_on*

Oke deskripsinya singkat aja biar nggak pada stress, next!




Nggak jauh dari kandang ular, ada kumpulan tanaman-tanaman hidroponik dan non-hidroponik yang ditata apik didalam pipa dan pot-pot kecil. Kita bisa membeli tanaman-tanaman ini kalau kita tertarik lho! Nah, untuk pupuknya, disini menggunakan air seni kelinci-kelinci gemas yang kita lihat tadi diatas! Jadi kalau saran aku, selain beli tanaman hidroponik, beli juga kelincinya hahahaha *promosi_mode_on*


Baru berjalan sebentar dari tanaman hidroponik saya sudah disapa oleh dua sosok putih yang ramah ini. Ya, betul, saya ada di kandang kambing. Ada banyak sekali kambing di agrowisata Bhumi Merapi ini. Selain banyak, mereka juga berisik rame menyambut kedatangan kami. Yang saya suka sih, kandangnya bersih, jadi ngga perlu takut liat kotoran kambing berseliweran dimana-mana atau baunya menusuk hidung. Pengelolaan kandangnya juga baik kok.


Oleh mas-mas pegawai Agrowisata Bhumi Merapi ini kami juga diajarkan untuk memerah susu kambing. Memerah susu kambing juga ngga boleh sembarangan lho guys! Kami diajarkan untuk selalu membersihkan tangan sebelum memerah susu, juga untuk mensterilkan puting susu kambing dengan alkohol semprot dan melicinkannya dengan minyak.


Hewan apalagi sih yang ada di Bhumi Merapi? Jawabannya adalah... kuda! Ya, ada kuda tunggang dewasa dan kuda poni untuk ditunggangi anak-anak. Ini dia Pak Wasito yang berjasa mengajak kami jalan-jalan sedang naik kuda di Agrowisata Bhumi Merapi. Saya tadinya pengen naik juga, tapi si kuda nampaknya sedang lapar, sama laparnya dengan saya, jadi saya malah memilih untuk mlipir ngemil pisang goreng...oke skip.


Seperti biasa, apalah artinya postingan soal tempat wisata instagramable tanpa foto saya dengan pose ala-ala. Abaikan yah abaikan, saya takut yang ngeliat nanti bisa kesurupan. Liat aja pemandangan sekitarnya yang indah mempesona cetar membahana bagai syahrini.

PS: iya saya gemukan. nggak, saya nggak hamil. 

Nah buat kalian yang penasaran sama agrowisata Bhumi Merapi bisa langsung cusss ke alamat dibawah ini!

Agrowisata Bhumi Merapi

KM.20, Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582, Indonesia
Phone: +62 858-7886-3645


You Might Also Like

11 comments

  1. Kelincinyaaa unyu banget gak kuat, lempar satu kesini mba x))

    ReplyDelete
  2. Kalau liat kelinci begitu gemesnya, jadi merasa bersalah pas makan satenya. Tapi emang enak si biasanya.

    ReplyDelete
  3. hiiii ulernyaaa...stunning banget kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulernya abis nyanyi lagunya coldplay yang yellow mbak hihihi

      Delete
  4. saya paling nggak suka ngeliat gambar ular, tapi di postingan ini kok saya biasa biasa aja yaa haha

    ReplyDelete
  5. sama kayak lulu aku naksir banget sama kelincinya putih terawat dan lucuuuu
    posting agi kayak gini bikin pengin jalan2 deh, ohiya sori baru sempet mampir sini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa nindaa, yuk besok-besok kesini yaaa, kelincinya memang terawat banget karena ada kennel boy khususnya hehehe

      Delete
  6. Keren nih mas tempatnya, geli liat ular nya ihh....hehheh

    ReplyDelete

I'm Part of:

Blogger Perempuanpostimage

Instagram Feeds